Bunuh Selingkuhan Istri Dituntut 15 Tahun

441

KRAPYAK – Akibat membunuh Markus yang merupakan selingkuhan istrinya, akhirnya terdakwa Wahyu Ariyanto terancam menghuni jeruji besi cukup lama. Warga Margorejo Timur, Kemijen, Semarang Timur ini dituntut hukuman 15 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejari Kota Semarang di Pengadilan Negeri (PN) Semarang.

JPU Andhita Rizkianto menilai, terdakwa Wahyu terbukti bersalah melanggar pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana. Dalam aksinya terdakwa jelas sudah memiliki niatan membunuh dengan menggunakan pisau dapur terhadap Markus. ”Kami menuntut Wahyu Ariyanto dengan hukuman selama 15 tahun penjara,” kata JPU Andhita kepada Jawa Pos Radar Semarang, Jumat (25/3).

Andhita menjelaskan, aksi pembunuhan Markus tersebut terjadi di kos korban yang ada dekat rumah terdakwa. Kejadiannya pada Selasa, 10 November 2015 lalu sekitar pukul 05.00.

Malam hari sebelum kejadian, lanjut Andhita, terdakwa Wahyu yang mengetahui perselingkuhan itu sempat cekcok dengan isterinya. ”Nah setelah terbangun dari tidurnya, terdakwa yang merasa sakit hati lantas mengambil pisau dapur dan mendatangi tempat kos korban,” ungkapnya.

Bahkan saat aksi tersebut, terdakwa Wahyu sempat salah masuk kamar, akhirnya ia membangunkan korban dan menusukkan pisau dua kali ke bagian perut dan sekali di bagian dada. ”Perselingkuhan itu terungkap setelah Wahyu mendapat informasi dari temannya. Beberapa kali ia menjemput istrinya yang kerja lembur di perusahaan garmen, PT Glory,” ungkapnya.

Namun kenyataannya, istrinya tidak kerja lembur di pabrik tapi dijemput korban. Selain itu, terdakwa juga mendapati kata-kata rayuan yang terekam lewat (history chatting Facebook) milik istrinya.

Terpisah, kuasa hukum terdakwa, Edo Bagus Artandy memastikan atas tuntutan JPU terhadap kliennya tersebut, pihaknya akan mengajukan pembelaan. ”Kami tidak minta terdakwa (Wahyu, Red) dibebaskan, tapi kami hanya meminta hukumannya bisa diringankan. Nanti akan kami urai di pembelaan,” kata Edo yang merupakan advokat dari LBH Mawar Saron singkat. (jks/zal/ce1)