Membangun Sinergi Minat Baca

363

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Oleh: Usman Roin

BEBERAPA saat yang lalu, penulis pernah dikeluhi oleh salah satu orang tua murid tentang minimnya daya baca anaknya. Penulispun kemudian mencoba untuk menelusuri kehidupan anaknya selama berada di rumah. Dan ternyata, teknologi-lah (baca: gadget) yang menjadi sebab anak menjadi tidak doyan untuk membaca buku.

Lalu, penulis coba untuk berpikir ulang bagaimana bila selama pembelajaran di sekolah, (baca: perpustakaan) menjadi daya magnet bagi kebuntuhan minat baca anak. Namun, bila di sekolah masih minim aktivitas membaca, rumah (privat library/perpustakaan pribadi) bisa menjadi alternatif guna meningkatkan upaya minat baca.

Secara kasat mata, randahnya minat baca di sekolah karena masih banyak sekolah yang belum mempunyai ruang perpustakaan memadahi. Kalaupun sudah ada, maka kondisi perpustakaan tersebut memprihatinkan dan jauh dari buku-buku yang layak konsumsi apalagi diminati. Bila hal itu tidak cepat diantisipasi, bisa jadi minat baca anak di sekolah menjadi non aktif. Tidak lain hal itu karena buruknya tata kelola perpustakaan.