Ratusan Sekolah Tak Punya Website

272

SEMARANG – Jelang musim Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) seharusnya sekolah mempersiapkan segala informasi yang dibutuhkan masyarakat melalui website. Ironisnya, hampir semua SD dan SMP di Kota Semarang justru belum memiliki website. Kalaupun memiliki website, tidak pernah di-update secara berkala.

Menurut Kaprodi Jurusan Multimedia SMKN 8 Semarang, Ardan Sirojudin, sekolah yang memiliki website namun tidak pernah di-update lantaran minimnya tenaga dan anggaran untuk membiayai website tersebut.

”Kalau sudah ada website, saat PPDB nanti, orang tua siswa saat mencari info seputar sekolah tidak harus datang ke sekolah, apalagi yang luar kota, mereka cukup melihat website sekolah itu,” kata Ardan kepada Jawa Pos Radar Semarang, Kamis (17/3).

Menurut Ardan, pemeliharaan website sangat diperlukan apalagi menjelang penerimaan siswa baru. Selain itu, jika di-update secara berkala informasi seputar sekolah tersebut juga selalu terbaharui. Hal itu tampaknya kurang begitu disadari sebagian besar sekolah di Kota Semarang. Tercatat, ratusan SD negeri di Kota Semarang belum memiliki website. Juga 6 SMP negeri, yakni SMPN 10, SMPN 19, SMPN 30, SMPN 31, SMPN 32, SMPN 41.

”Kita sebenarnya setiap tahun membuat 18 website untuk sekolah semua jenjang di Kota Semarang, namun setelah kita buat, website tersebut banyak yang tidak terurus. Kita membuatkannya juga gratis,” katanya.

Bahkan pihaknya pernah menawarkan diri untuk mengurus website-website sekolah itu, namun tidak direspons positif dari sekolah yang bersangkutan.

Dikhawatirkan, ketika masyarakat luar kota hendak mencari informasi seputar sekolah yang ada di Kota Semarang yang diperoleh justru data lama. ”Kalau kita pakainya Facebook untuk khusus PPD. Itu lebih interaktif,” katanya.

Pemakaian Facebook sebagai interaksi dengan masyarakat sudah dilakukan pihaknya sejak 2013 dengan anggota saat itu sebanyak 814 orang. Pada 2014, anggotanya meningkat menjadi 870, pada 2015 anggotanya menurun sebanyak 563 orang, dan hingga Maret 2016 ini jumlah anggota yang masuk dalam group Facebook PPDB SMKN 8 baru 57.