2 Kendaraan Diterjang Banjir Lahar

3757

Saat musibah terjadi, sebenarnya hujan di wilayah tersebut tidak begitu deras. Tapi di puncak Merapi terlihat mendung yang tebal. Diperkirakan hujan telah turun di puncak Merapi.

Sejumlah penambang sudah mengingatkan sopir L300 agar segera meninggalkan lokasi, namun tidak menghiraukan. Beberapa menit kemudian tiba-tiba muncul banjir lahar dingin hingga mengubur kendaraan tersebut.

Sementara itu, hujan deras disertai angin kencang pada Rabu (17/2) sore juga merusak belasan rumah rusak dan menumbangkan pohon di wilayah Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman. “Kerusakan rumah warga karena atap atau genting diterjang angin dan tertimpa pohon tumbang,” kata Kepala BPBD Kabupaten Sleman Juli Setiono.

Tercatat ada 17 rumah yang rusak dan 27 pohon tumbang di Desa Tirtomartani, Kalasan. Rinciannya, 6 rumah rusak dan 12 pohon tumbang di Dusun Duri, 7 rumah rusak dan 3 pohon tumbang di Dusun Karang Kalasan, serta 4 rumah, 1 kandang rusak dan 9 pohon tumbang di Dusun Glondong. “Di Dusun Kalibening tidak terjadi kerusakan rumah, hanya tiga pohon yang tumbang.” (JPG/ton)