Hari Pertama, Suniprat Ambil Formulir Pilwalkot Salatiga

348

SALATIGA–Ketua Fraksi PDIP DPRD Kota Salatiga, Suniprat menjadi orang pertama di hari pertama, yang mengambil formulir pendaftaran bakal calon (balon) Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Salatiga di kantor DPC PDIP. Sementara hari kedua, rencananya pengusaha Joko Sambodo, akan mengambil formulir pendaftaran.

Ketua Panitia Pendaftaran Balon Pilwalkot Salatiga, Dance Ishak Palit menuturkan bahwa panitia belum bisa mengetahui minat pendaftar, apakah akan mengajukan diri sebagai bakal calon wali kota atau wakil wali kota. Semua baru diketahui jika yang bersangkutan sudah mengembalikan formulir yang diambilnya pada jadwalnya nanti.

“Saat ini, baru dari internal yang mendaftar yakni Suniprat dan rencananya besok Joko Sambodo yang akan mengambil formulir,” terang Dance, kemarin sore.

Sementara kader internal lain yang dipersiapkan untuk maju Pilwalkot Salatiga adalah Supriyono. Dirinya belum bisa memastikan kapan akan mengambil formulir. Namun, kemungkinan besar dirinya akan mengambil belakangan. “Saya nanti-nanti saja mengambilnya,” jelas Supriyono.

Sebagaimana diketahui, DPC PDIP Kota Salatiga mulai membuka pendaftaran balon Pilwalkot Salatiga pada 15-24 Februari mendatang. Para pendaftar akan mengikuti seleksi dan berbagai jadwal penjaringan hingga mendapatkan rekomendasi DPP PDIP. Pasalnya, PDIP merupakan satu satu partai yang bisa mengusung sendiri calon dalam Pilwalkot mendatang. Lantaran memiliki 8 wakil yang duduk di DPRD Kota Salatiga. Sementara partai lainnya, harus membentuk koalisi untuk mengusung pasangan calon karena minimal wakil yang dimiliki dalam DPRD hanya lima. “Setelah mengambil formulir dan persyaratan dilengkapi, bisa dikembalikan pada 25 – 27 Februari mendatang,” kata Dance saat bertemu wartawan.

Lebih jauh ia menyatakan jika DPC PDIP akan mengirim surat kepada semua tokoh masyarakat berkait dengan penjaringan calon ini. “Suksesi wali kota ini adalah aset kota, maka dari itu kami juga berkirim surat ke semua tokoh sekaligus meminta masukan,” imbuh Dance di kantornya. (sas/ida)