Dirut PT IGN Cepiring Akan Dipecat

707

KENDAL – Dewan Komisaris PT Industri Gula Nasional (IGN) akan memecat Direktur Utama (Dirut) PT IGN Cepiring Kendal, Togar Rudy Situmorang. Pemecatan diduga lantaran Togar dinilai tidak becus mengelola PT IGN Cepiring hingga mengakibatkan kebangkrutan dan pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan secara masal.

Kepala Human Resource Development (HRD) PT IGN Cepiring Kendal, Sugeng Setia, mengatakan, jika surat resmi pemecatan memang belum turun. Hal itu lantaran saat ini masih menunggu surat pemberhentian, hingga ada penggantian Dirut PT IGN yang baru yang telah disepakati bersama di antara Dewan Komisaris PT IGN.

”Kami mendengar adanya informasi tersebut, dan sedang dalam tahap menunggu turunnya surat pemberhentian. Selain itu, juga sekaligus menunggu adanya surat penunjukan dirut yang baru. Sehingga belum bisa dipastikan kapan ada penggantian,” ujarnya.

Dikatakan, sedikitnya 300 karyawan PT IGN yang terkena PHK beberapa waktu lalu, saat ini telah kembali masuk kerja. Sehingga rencana PHK sepihak yang kemarin sempat digulirkan oleh perusahaan dibatalkan. ”Saat ini proses produksi memang tidak ada, tetapi karyawan tetap diminta masuk seperti biasanya. Mereka juga akan mendapatkan hak-haknya meski pabrik tidak melakukan produksi gula,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kendal, Dewi Diniwati, mengaku telah mendengar kabar pemecatan Dirut PT IGN Cepiring, Togar. ”Dirut yang baru katanya berasal dari salah satu anggota Dewan Komisaris sendiri,” katanya.

Pergantian ini, lanjut Dewi, dilakukan karena ada dugaan laporan jika ternyata direktur utama yang akan diganti telah melakukan tindakan penggelapan uang perusahaan. Seperti uang pembayaran listrik selama 4 bulan sebesar Rp 42 juta.