DKP Akan Buat Air Mancur Tugu Muda ”Menari”

387

TUGU MUDA-ADIT(1)-web

BALAI KOTA – Taman Tugu Muda akan dipercantik. Salah satu konsepnya membuat pancuran air di taman tersebut menjadi lebih berwarna. Pemkot telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 2 miliar untuk membuat ikon Kota Semarang itu menjadi eksotis.

”Kita akan buat air mancur lebih indah dengan lampu-lampu hias dan bisa menari-nari sesuai irama musiknya,” ungkap Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Semarang, Ulfi Imaran Basuki, Selasa,(1/12) kemarin.

Selama ini menurut Ulfi, air mancur yang ada di bundaran Tugu Muda masih sangat biasa, kurang inovatif. Sehingga perlu pembenahan dengan konsep yang sangat apik. Memadukan permainan air mancur, pencahayaan dipadukan dengan irama musik. ”Desain sudah ada, memang saya terinspirasi dengan gambar-gambar di internet pada kota-kota besar lain. Jadi saya rasa, hal ini bisa diterapkan untuk air mancur Tugu Muda. Apalagi Tugu Muda itu kan juga jadi tempat destinasi wisata, sehingga perlu dibuat lebih menarik agar lebih menyedot pengunjung juga,” katanya.

Diharapkan pada Januari 2016, proyek tersebut sudah masuk lelang. Diperkirakan, pekerjaan tersebut akan memakan waktu kurang lebih 4 bulan dengan penyelesaian hingga pertengahan tahun 2016. ”Diperkirakan, bulan Juni 2016 nanti sudah jadi. Sehingga saya rasa, anggaran Rp 2 miliar ini masih sangat wajar untuk membangun sistem air mancur beserta lampu-lampu yang bergerak. Jumlah dana ini juga hampir sepadan dengan pembuatan air mancur indoor yang dibangun dalam hotel-hotel,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Semarang, Wachid Nurmiyanto meminta perencanaan pembangunan dilakukan secara matang. Semua harus dikaji dan dapat dipertanggungjawabkan. ”DKP harus serius dalam melakukan rencana perbaikan air mancur Tugu Muda. Sebaiknya (DKP) juga melibatkan ahli-ahli di bidangnya supaya perbaikan air mancur itu bisa maksimal,” tegasnya. (mha/zal/ce1)