Terapkan Sistem Analisis Media Proaktif

421
Sinoeng N Rachmadi (Istimewa)
Sinoeng N Rachmadi (Istimewa)
Sinoeng N Rachmadi (Istimewa)
Sinoeng N Rachmadi (Istimewa)

SEMARANG – Biro Humas Setda Jawa Tengah siap menerapkan inovasi dalam sistem analisis pemberitaan. Mulai tahun depan, Sistem Analisis Media Proaktif akan digunakan bagi berita-berita terkait Pemprov Jawa Tengah.

Kepala Biro Humas Setda Jawa Tengah, Sinoeng N Rachmadi mengatakan sistem tersebut memungkinkan pihaknya memonitor langsung pemberitaan media. Selain itu bisa segera mengambil sikap terhadap pemberitaan, dan mengantisipasi langkah terhadap isu strategis. ”Tidak hanya media cetak dan elektronik, sistem ini juga akan menganalisis media online,” ujarnya.

Dia menambahkan, keberagaman penyajian berita di media cetak maupun online sangat dipengaruhi trend thematic yang sedang terjadi sesuai dinamika kekinian. Dalam menyikapi dinamika pemberitaan itu, program perubahan Sistem Analisa Media Proaktif menawarkan analisis komprehensif dari setiap pemberitaan. Selain itu, respons pemerintah terhadap pemberitaan dapat segera diviral ke semua jejaring, baik kabupaten/kota, redaksi media, bahkan di kalangan netizen di media sosial. ”Langkah inilah yang menjadikan efektivitas klarifikasi secara simultan dan menyebar semakin meningkat,” katanya.