Meriah, Deklarasi Dachirin-Edy

376
DEKLARASI: Pasangan Cabup-Cawabup Demak, HM Dachirin Said dan Edy Sayudi (DADI) saat membacakan deklarasi pencalonannya, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
DEKLARASI: Pasangan Cabup-Cawabup Demak, HM Dachirin Said dan Edy Sayudi (DADI) saat membacakan deklarasi pencalonannya, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

DEMAK – Pasangan calon bupati-calon wakil bupati (Cabup-Cawabup) Demak, HM Dachirin Said-Edy Sayudi (DADI), kemarin sore melakukan deklarasi dalam rangka persiapan maju dalam Pilkada Demak pada 9 Desember mendatang. Deklarasi ini dilaksanakan setelah DPP PKB dan Partai Nasdem merekomendasikan pasangan berlatar belakang incumbent bupati dan pengusaha ini untuk diusung dalam pilkada.

Cabup Dachirin Said mengungkapkan, PKB dan Partai Nasdem mendukung dengan sepenuh hati pasangan DADI untuk ikut bertarung dalam pilkada. ”Karena itu, kalau masih ada partai lain yang ingin bergabung dengan kita, maka kita tunggu. Dengan catatan, asal tidak ada mahar dan mau diajak membangun Demak lebih baik lagi,” ujar Dachirin Said saat deklarasi bersama Edy Sayudi di posko pemenangan Kantor Perkumpulan Perlindungan Instalasi Listrik Negara (PPILN) Jalan Pemuda, Kota Demak.

Dachirin menegaskan, PKB dan Nasdem yang mengusungnya tidak ada mahar sepeser pun. Karena itu, partai lain yang ingin bergabung pun juga tidak dengan mahar. ”Kalau ada mahar, secara tegas saya tolak. Saya komitmen, ini Kota Wali. Insya Allah dadi (jadi bupati dan wakil bupati, Red),” katanya optimistis.

Menurutnya, untuk menjadi calon bupati tersebut merupakan bagian dari mandat para kiai. Di antaranya untuk melanjutkan pembangunan di Demak yang sudah berjalan baik selama ini, yakni sejak era (almarhum) Bupati Tafta Zani dan Wabup Muhamad Asyiq serta dilanjutkan di bawah kepemimpinannya hingga sekarang.

”Karena itu, saya minta doa restu para alim, para kiai, dan kami akan patuh dengan dawuh para kiai. Kami diberi mandat ini agak terakhir, dan baru menerima rekomendasi dari PKB,” jelasnya.

Sementara Cawabup Edy Sayudi menuturkan, politik itu dinamis. Karena itu, sebagai kader PKB, maka dirinya harus mengikuti apa yang diputuskan DPP PKB untuk menjadi cawabup dari Cabup Dachirin Said. ”Rekomendasi baru turun,” katanya.

Edy menambahkan, pasangan DADI banyak mendapat dukungan dari kalangan alim ulama, para kiai, olahragawan dan elemen masyarakat lainnya. Meski demikian, kata dia, pihaknya harus tetap mengintensifkan sosialisasi di masyarakat pemilih agar lebih mengetahui pasangan DADI tersebut.

Deklarasi pasangan DADI ini sendiri dihadiri oleh berbagai kalangan. Di antaranya, dari unsur partai politik (parpol) pengusung (PKB dan Nasdem), para alim ulama, kiai, warga Nahdlatul Ulama (NU), Banser, Ansor, mantan kepala desa, tokoh masyarakat dan agama serta warga lainnya. Dari parpol, deklarasi ini antara lain dihadiri Ketua Dewan Syuro DPC PKB Demak, KH Nurullah Yasin, Ketua DPC PKB Demak Munhamir, Sekretaris Nurul Muttaqin, Ketua DPD Nasdem Demak Gunawan, Sekretaris Muhammad Yasin dan Bendahara Ibrahim Suyuti.

Ketua Tim Sukses Pasangan DADI, Santoso, mengatakan, pihaknya menghadirkan 300 undangan untuk deklarasi tersebut. Namun yang hadir lebih dari itu. Menurutnya, pihaknya optimistis pasangan DADI dapat memenangi Pilkada Demak mendatang. ”Kita targetkan bisa meraih 75 persen suara,” katanya optimistis.

Karena itu, setelah deklarasi tersebut, pihaknya berkonsentrasi untuk melakukan persiapan pendaftaran di KPUD setempat. Pendaftaran rencananya akan dilakukan pada 28 Juli nanti. ”Tim relawan sudah siap semua untuk memenangkan pasangan DADI. Kita segera lakukan sosialisasi bersama partai pengusung hingga ke desa-desa. Kita akui kalau yang lain sudah agak lama melakukan start. Tapi, yang penting prinsip kami menang di finish,” tegasnya.

Dalam deklarasi tersebut, Ketua DPC PKB Demak, H Munhamir, mengungkapkan, PKB memilih DADI sebagai pasangan terbaik untuk menjadi cabup-cawabup dalam pilkada ini. ”PKB menyatakan bahwa Pak Dachirin dan Pak Edy layak untuk melanjutkan program pembangunan yang sudah dicanangkan di Demak ini lebih baik. Kita ikuti dawuh para kiai dan menjalankan amanat dari DPP PKB,” ujar Munhamir.

Hal senada disampaikan pengurus DPW Partai Nasdem Jateng, Achwan Sukandar. Menurutnya, Nasdem menjatuhkan pilihan kepada pasangan DADI melalui berbagai tahapan hingga akhirnya dideklarasikan. ”Kita berharap, ada partai lain yang ikut bergabung bersama kami demi Demak lebih maju lagi,” harapnya. (hib/aro/ce1)