Sukirman Siap Maju di Pekalongan

218
Sukirman. (Jawa Pos Radar Semarang Files)
Sukirman. (Jawa Pos Radar Semarang Files)

SEMARANG – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Tengah mengaku optimistis dapat memenangi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015 di tiga kabupaten di provinsi ini. Ketiga kabupaten tersebut adalah Kabupaten Pekalongan, Wonosobo, dan Demak.

”Menang di sini dalam arti menjadi orang nomor satu atau Bupati. Sementara untuk posisi wakil (bupati/wali kota), kami targetkan semuanya dari 21 kabupaten/kota,” ungkap Wakil Ketua DPW PKB Jateng HM Hendri Wicaksono, Jumat (8/5).

Hendri menjelaskan, untuk Kabupaten Demak dan Wonosobo saat ini dijabat oleh bupati yang berasal dari PKB. Yaitu Dachirin Said dan Abdul Kholiq Arif. Sementara untuk Kabupaten Pekalongan, PKB merupakan partai pemenang Pemilu Legislatif pada 2014 lalu. ”Jika kemarin DPD PDIP Jateng mengklaim dapat memenangi 15 daerah, kami yakin bukan dari tiga daerah tersebut,” imbuhnya.

Ditambahkan Hendri, perolehan kursi PKB di DPRD tiga Kabupaten tersebut juga cukup tinggi. Diketahui di Kabupaten Demak PKB memperoleh 10 kursi dengan peringkat satu. Sementara Kabupaten Wonosobo meraih 8 kursi di bawah PDIP dengan 9 kursi. ”Sementara di Kabupaten Pekalongan memperoleh 12 kursi,” terangnya.

Untuk nama-nama bakal calon (balon) yang diusulkan, lanjut Hendri, telah diproses oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB. Menurutnya, masing-masing desk pilkada di daerah telah menyampaikan sejumlah nama yang direkomendasikan. ”Senin (4/5) kemarin DPP PKB sudah melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap balon. Kemungkinan awal Juli sudah diputuskan,” terangnya.

Disinggung siapa saja nama-nama yang dimaksud, Hendri mengaku tidak hafal. Sehingga tidak dapat menyebutkan satu per satu. Kendati demikian ia memberi isyarat bahwa Wakil Ketua DPRD Jateng Sukirman juga dicalonkan untuk memimpin Kabupaten Pekalongan. ”Sepertinya begitu,” imbuhnya,

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Jateng Sukirman saat dikonfirmasi sepertinya masih malu-malu untuk mengungkapkan. Meski begitu, ia mengaku siap jika memang ditugaskan oleh partai. (fai/ric/ce1)