Warga Kendal Keluhkan Jalan Rusak

105

KENDAL – Persoalan infrastur jalan masih menjadi kendala bagi warga Kendal. Salah satunya Jalan Raya Tegorejo, Kecamatan Pegandon. Kondisinya jalan yang menjadi satu-satunya akses warga di desa tersebut rusak parah. Kerusakan ditandai dengan banyaknya jalan berlubang besar hampir tampak di sepanjang jalan. Kondisi ini jelas menghambat laju pengguna jalan. Ini masih diperparah dengan kondisi jalan yang berlumpur. Sehinga kondisi jalan menjadi licin dan becek.

Padahal jalan Raya Tegorejo , merupakan satu-satunya akses warga masyarakat di beberapa desa untuk menuju desa dan kecamatan. Selain itu menjadi akses yang menghubungkan dengan akses menuju Pegandon.

“Setiap pagi hingga petang jalur ini selalu ramai pengendara. Lebih-lebih kalau pagi hari, banyak anak sekolah dan warga sekitar yang melaluinya untuk berangkat kerja. Tapi kondisi jalannya yang rusak berlubang besar dan berlumupur dan belum tersentuh perbaikan,” kata warga setempat, Mustari, kemarin.

Mustari menambahkan, upaya warga untuk memperbaiki jalan juga sudah dilakukan. mulai dari pengurukan dengan pasir batu, tapi hal tersebut percuma karena banyaknya truk muatan berat seperti yang melalui jalur tersebut. “Jadi kami berharap pemerintah bisa memperbaiki jalan secara permanen,” tambahnya.

Ia mengaku akses jalan itu merupakan hal yang sangat penting bagi warga. Makanya ia berharap tidak ada lagi hambatan untuk perbaikan jalan. “Katanya masih proses lelang, kami berharap lancar sehingga jalan bisa segera dikerjakan. Warga tidak perlu susah payah lagi ketika melalui jalur ini,” tambahnya.

Senada dikatakan warga lain Rozak. Ia meminta Pemkab Kendal segera melakukan perbaikan jalan raya Tegorejo yang rusak ini. Karena jalan ini merupakan akses jalan utama bagi warga masyarakat antar berbagai kecamatan. Proses perbaikan di Pemkab Kendal sejauh ini masih dalam tahap pengajuan ke Unit Layanan Pengadaan (ULP) untuk dilakukan lelang. “Kemungkinan akhir Mei atau awal Juni jika lelang berhasil bisa mulai dikerjakan,” kata Kepala Dinas Bina Marga Sumber Daya Alam Energi dan Sumber Daya Mineral (DBM SDA ESDM) Kendal, Agung Setiawan. (bud/fth)

Silakan beri komentar.