Awasi Karyawan, RSUD Tambah CCTV

183

SALATIGA—Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) akan ditambah 16 Closed-Circuit Television (CCTV), di semua bangsal. Sedangkan saat ini sudah ada 20 CCTV. Penambahan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja karyawan.

“Penambahan CCTV ini untuk meningkatkan pelayanan di RSUD. Dengan cara memperketat kedisiplinan karyawan, semua kegiatan akan diabsen. Ini menandakan program disiplin bagi karyawan sedang berjalan,” kata Direktur RSUD Salatiga, Agus Sunaryo di sela-sela kegiatan Kartinian di Aula RSUD, Selasa (22/4) kemarin.

Nantinya, katanya, ketua regu, kepala bidang, kepala seksi (Kasi), bisa mengetahui kinerja anak buahnya masing-masing. Selain itu, kamera CCTV yang berada di luar gedung juga untuk memperketat pengamanan. Agar tidak lagi ada keluhan kehilangan dan sebagainya.
“Nantinya, akan ada pengawasan dari tim manajemen, sehingga para karyawan merasa diawasi. Dengan begitu, pelayanan karyawan selalu baik, meski ada atau tidaknya manajemen yang mengawasi,” imbuhnya.

Selain pengawasan, Agus menekankan pentingnya komunikasi. “Kegiatan Kartinian ini, digunakan untuk membangun komunikasi antar karyawan dan manajemen. Sehingga ketika bekerja nanti tidak ada canggung antar mereka,” jelasnya.

Selain itu, dengan diselenggarakan kegiatan yang sifatnya memasyarakat, akan menjadi promosi RSUD Salatiga ke masyarakat. Dengan begitu, menambah kepercayaan masyarakat ke rumah sakit ini.

Sementara itu, terkait jumlah karyawan sudah ada aturan dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes). Manajemen tidak bisa serta merta menambah jumlah, harus melihat basis kinerja. “Saat ini sudah ada 256 perawat, dan beban kerja perawat masih dalam batas normal. Jika ditambah, tentu akan mengurangi pendapatan RSUD,” pungkasnya. (abd/ida)