HUT Batang Kurang Gereget

290
SEPI: Jelang HUT ke-49 Kabupaten Batang, Alun-Alun Kota kemarin masih belum dihias. (TAUFIK HIDAYAT/JAWAPOS RADAR SEMARANG)
SEPI: Jelang HUT ke-49 Kabupaten Batang, Alun-Alun Kota kemarin masih belum dihias. (TAUFIK HIDAYAT/JAWAPOS RADAR SEMARANG)
SEPI: Jelang HUT ke-49 Kabupaten Batang, Alun-Alun Kota kemarin masih belum dihias. (TAUFIK HIDAYAT/JAWAPOS RADAR SEMARANG)

BATANG- Perayaan HUT ke-49 Kabupaten Batang yang jatuh pada 8 April mendatang terancam sepi, dan tidak semeriah tahun sebelumnya. Sebab, hingga kini persiapan peringatan hari jadi itu belum tampak gebyarnya. Pada Minggu (29/3) atau H-10 kemarin, suasana menjelang peringatan HUT masih sepi dan adem ayem. Di Alun – Alun Kota Batang yang biasanya semarak dengan umbul-umbul hari jadi, kini justru terlihat kumuh dan bau pesing. Karena pohon beringin besar yang dipagari tembok, justru menjadi toilet umum bagi para gelandangan yang mangkal.

Mulyadi, 47, warga Kelurahan Dracik, Batang, mengatakan, tiga bulan sebelum hari jadi Kabupaten Batang, biasanya sudah ada pemberitahuan kalau Lapangan Dracik akan digunakan untuk berbagai acara. Namun hingga kini dirinya belum mendengar acara apa saja yang akan digelar.

“Persiapan HUT Batang tahun ini seperti kurang gereget. Saya sendiri belum tahu, nanti rangkaian acaranya apa saja. Lapangan Dracik akan digunakan apa tidak, juga tidak tahu. Padahal waktunya sudah dekat,” tutur Mulyadi, yang selama ini menyiapkan acara di Lapangan Dracik.

Dia mengatakan, seharusnya Pemkab Batang telah mengekspose jauh hari acara HUT Batang. Sehingga masyarakat bisa ikut berperan serta, baik itu pedagang lokal maupun pedagang dari luar Kota Batang. Menurutnya, acara HUT Batang tahun ini, terkesan ada yang disembunyikan.

“Semestinya rencana perayaannya diinformasikan ke masyarakat. Karena HUT Batang kan tidak hanya untuk pemerintah, tetapi untuk masyarakat. Biar kita juga bisa merasa memiliki Kabupaten Batang,” kata Mulyadi kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Batang, Nasikhin, mengatakan, selain acara pokok, yakni upacara HUT Kabupaten Batang di alun-alun, ziarah ke makam leluhur dan makam pahlawan, momentum HUT Kabupaten Batang pada 8 April juga akan diisi dengan pencanangan program Pelayanan Administrasi Terpadu di kecamatan (PATEN).

Dikatakan, panitia juga menyiapkan acara seperti gerakan wakaf seribu mukena bersih yang akan dibagikan ke masjid-masjid di pantura, sepeda santai bersama masyarakat, festival seni budaya, serta acara shalawat Al Hikmah yang akan dihadiri ribuan orang.

“Semuanya agenda tengah dipersiapkan, dan sudah dirapatkan oleh tim panitia. Yang jelas, perayaan HUT Batang tahun ini tetap meriah, karena sejumlah acara massal juga tetap diagendakan,” tegas Nasikhin.(thd/aro)