Lomba OSTN Diikuti 117 Peserta

138
BERSAING : Kepala Dinas Pendidikan Mukhtar Lutfi saat membuka lomba OSTN di Aula SMK Pontren Darussalam, kemarin. (WAHIB PRIBADI/RADAR SEMARANG)
BERSAING  : Kepala Dinas Pendidikan Mukhtar Lutfi saat membuka lomba OSTN di Aula SMK Pontren Darussalam, kemarin. (WAHIB PRIBADI/RADAR SEMARANG)
BERSAING : Kepala Dinas Pendidikan Mukhtar Lutfi saat membuka lomba OSTN di Aula SMK Pontren Darussalam, kemarin. (WAHIB PRIBADI/RADAR SEMARANG)

DEMAK – Lomba Olimpiade Sains Terapan Nasional (OSTN) tingkat SMK se-Demak, kemarin, resmi digelar. Pembukaan dilakukan langsung Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Demak, Mukhtar Lutfi di Aula SMK Pontren Darussalam, Kelurahan Kalicilik, Kecamatan Demak Kota. Lomba OSTN ini sekaligus uji nyali bagi siswa SMK di Demak.

Mereka bakal bertarung kepintaran menguasai materi dalam lomba tersebut. Kabid Sekolah Menengah (Sekmen) Disdikpora, Suyanto mengungkapkan, ada 117 peserta dalam OSTN kali ini. Setiap sekolah SMK mengutus satu siswa yang juara di sekolahnya masing-masing. “Lomba ini untuk menyaring kemampuan terbaik siswa, utamanya terkait ilmu terapan,” katanya.

Setidaknya, ada 5 pelajaran yang dilombakan. Yaitu, matematika tekhnik, matematika non tekhnik, fisika terapan, kimia terapan, dan biologi terapan. Menurutnya, tidak setiap SMK memiliki sumberdaya lima pelajaran itu. Sebaliknya, yang banyak diajarkan adalah matematika tekhnik dan non tekhnik.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK, Mukhlisin Bisri mengungkapkan, pihaknya selalu memprovokasi supaya SMK di Demak lebih inovatif termasuk dalam menggelar lomba OSTN seperti ini. “SMK ini kan guru-gurunya dari profesional. Dana pendukung untuk SMK pun cukup. Karena itu, sudah saatnya cari siswa yang berprestasi dan terbaik,” katanya.

Kepala SMK Pontren Darussalam, Sutarno berharap, lomba OSTN yang digelar disekolah yang dipimpinnya tersebut dapat menginspirasi sekolah lainnya untuk menggelar kegiatan serupa. “Kita patut bersyukur karena kemampuan siswa SMK bisa teruji dalam lomba OSTN ini,” katanya didampingi Humas Azam Lutfiyanto.

Lomba ini pun diapresiasi Kepalas Disdikpora Mukhtar Lutfi. Menurutnya, lomba yang dilakukan secara sportif dan jujur akan membuahkan hasil siswa juara yang jujur pula. “Yang juara nanti juga harus bersiap untuk maju ditingkat provinsi,”ujarnya. (hib/fth)