Curi Motor, Ditembak Kakinya

157

SALATIGA—Ribut Cahyono, 27, warga Kalongan, Ungaran terpaksa ditembak kaki kirinya oleh petugas Polres Salatiga di Bandungan. Saat hendak ditangkap karena mencuri motor milik temannya sendiri, motor Honda Versa H BL 1581 CF milik Adhitya Mahatya Yodha warga Tegalrejo Kota Salatiga.

Dari keterangan pelaku, kejadian bermula saat Cahyono dan Adhitya bertemu di rental playstation (PS) di Jalan Ahmad Yani. Kebetulan, sudah lama tidak bertemu, keduanya temu kangen dengan bermain PS. Namun begitu melihat motor Adhit, Cahyono timbul niat jahatnya. Lantas meminjam motor Adhit untuk membeli rokok. Setelah kembali ke rental PS, Cahyono menyerahkan kunci motor Mio-nya kepada Adhit. Karena bentuknya hampir sama, Adhit tidak merasa curiga. Setelah dikira aman, Cahyono pamit pulang dengan membawa motor Adhit yang ada di parkiran.

Kepada wartawan, Cahyono menjelaskan, jika Adhit adalah temannya. Mereka sejak 2013 tidak pernah bertemu. Akhirnya ketemu di jalan, lalu bermain PS. Sebenarnya, dirinya tidak punya niat jahat, tapi setelah main dan melihat motor Adhit bisa digadaikan dengan harga mahal, lalu muncul niat jahat Cahyono. “Motornya tidak niat saya jual, hanya mau digadaikan untuk karaokenan di Bandungan. Ini pertama kali saya mencuri,” katanya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Salatiga AKP M Zazid mengatakan bahwa setelah petugas mendapat laporan dari korban, petugas Resmob segera melakukan penyisiran dan mendapat petunjuk. Pelaku sedang karaoke di Bandungan. Saat akan ditangkap, tersangka malah melawan. Lalu polisi terpaksa melumpuhkan korban dengan tembakan. “Pelaku akan dikenai pasal 363 dengan ancaman hukuman enam tahun penjara,” katanya. (abd/ida)