Kondisi Triwulan I Diperkirakan Membaik

250

SEMARANG – Kondisi ekonomi pada triwulan I – 2015 diperkirakan akan lebih baik dibanding triwulan IV-2014. Hal ini dikarenakan indeks pendapatan rumah tangga pada triwulan ini diperkirakan lebih baik dari pada triwulan sebelumnya.

Kepala Bidang Neraca Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah Syarifudin Nawi mengatakan, indeks tendensi konsumen (ITK) Jawa Tengah pada triwulan I-2015 diperkirakan sebesar 105,49. Artinya kondisi ekonomi dipersepsikan dari sisi konsumen lebih baik dibanding triwulan IV-2014. “Indeks pendapatan triwulan ini diperkirakan lebih baik. yaitu dengan nilai indeks sebesar 103, 18 dan indeks rencana pembelian barang tahan lama juga lebih tinggi, yaitu sebesar 109,52,” ujarnya, kemarin (9/2).

Ia menambahkan, pada triwulan IV – 2014, kondisi ekonomi konsumen juga mengalami peningkatan dibandingkan dengan kondisi pada triwulan sebelumnya. Hal tersebut didorong oleh dua faktor, yaitu pengaruh inflasi terhadap tingkat konsumsi dan tingkat konsumsi beberapa komoditi makanan dan bukan makanan. (dna/smu)