Bak David Lawan Goliath

178
TANPA BEBAN: Bambang Pamungkas, ikon Persija, memainkan si kulit bundar saat berlatih pagi kemarin di Stadion Jatidiri. (NUCHAMIM/RADAR SEMARANG)
TANPA BEBAN: Bambang Pamungkas, ikon Persija, memainkan si kulit bundar saat berlatih pagi kemarin di Stadion Jatidiri. (NUCHAMIM/RADAR SEMARANG)
TANPA BEBAN: Bambang Pamungkas, ikon Persija, memainkan si kulit bundar saat berlatih pagi kemarin di Stadion Jatidiri. (NUCHAMIM/RADAR SEMARANG)

SEMARANG – PSIS akan menjalani laga ujicoba yang sangat berbobot nanti malam, mulai pukul 19.00 WIB di Stadion Jatidiri Semarang. Mahesa Jenar akan ditantang salah satu tim elit kontestan Indonesia Super League (ISL), Persija Jakarta.

Meski hanya bertajuk ujicoba, laga tersebut dipastikan akan menyedot perhatian pecinta sepak bola di Kota Semarang dan sekitarnya. Apalagi Persija musim kompetisi ini bermaterikan pemain bertabur bintang. Persija hadir di Kota Semarang dalam rangkaian tour-nya di Jateng dan DIY, dalam masa pematangan persiapan menuju kompetisi ISL yang direncanakan mulai bergulir 21 Februari. Begitu juga PSIS yang tengah bersiap menuju kompetisi Divisi Utama 2015 yang digeber mulai 1 Maret.

Bagi PSIS, melawan Persija sebenarnya merupakan laga klasik. Saat sama-sama berlaga di Liga Indonesia dulu, kedua tim seperti musuh bebuyutan. Namun sekarang dua tim berbeda kasta. Pun dari sisi kekuatan. Bayangkan, Persija tampil dengan pemain-pemain top dan mahal, dilengkapi dengan legiun asing penuh kualitas.

Sementara PSIS, meski sudah cukup lama berburu pemain serta berlatih intensif, namun tim yang musim kompetisi lalu tersandung sepak bola ‘gajah’ ini disiapkan untuk sekadar berlaga di Divisi Utama. Itupun materi kekuatan PSIS saat ini baru sekitar 75 persen, tanpa pemain asing pula.

Meski berstatus tuan rumah, mengalahkan Macan Kemayoran tentu bukanlah pekerjaan mudah. Seperti kisah David melawan Goliath. David dianggap kecil dan tidak akan mampu mengalahkan Goliath yang jauh lebih besar.

“Kita tahu Persija memiliki level satu atau dua tingkat di atas PSIS. Tapi uji coba ini akan kami manfaatkan sebaik mungkin sebagai persiapan tim untuk berlaga di Divisi Utama musim ini. Semoga tim bisa mendapatkan hasil yang maksimal,” kata CEO PT Mahesa Jenar Semarang (MJS), Alamsyah Satyanegara Sukawijaya.

Pria yang akrab disapa Yoyok Sukawi tersebut juga berharap PSIS masih mendapatkan animo yang tinggi dari masyarakat Kota Semarang baik di laga petang nanti maupun ketika melakoni pertarungan di kancah kompetisi Divisi Utama 2015 mendatang. “Pastinya sebagai tim yang sudah mandiri PSIS berharap mendapat dukungan yang besar dari masyarakat terutama untuk pemasukan finansial dari sektor penjualan tiket. Itu yang juga akan dimaksimalkan,” sambung Yoyok.

Pelatih M Dofir ditemui di Stadion Jatidiri sore (6/2) kemarin mengatakan, saat ini kerangka tim utama PSIS yang dipersiapkan untuk turun di kompetisi sudah hampir terisi penuh. Termasuk skema permainan 4-2-3-1 yang diinginkannya juga mulai bisa dijalankan dengan baik oleh Fauzan Fajri dkk. “Untuk Fauzan Fajri kemarin juga sudah mulai latihan, Edyanto juga sudah mulai pulih. Tinggal kiper Ega Rizky yang masih harus istirahat. Ya, prinsipnya kami sudah siap menatap pertandingan lawan Persija besok (hari ini, Red),” kata Dofir.

Laga uji coba petang nanti juga akan digunakan oleh pelatih yang juga mantan pemain PSIS itu untuk melihat kualitas dua pemain pelamar yaitu eks stopper PSCS Cilacap, M Arifin dan eks gelandang Persijap Jepara, Chanif Muhajirin.

Sementara di kubu Persija, coach Rahmad Darmawan ditemui di sesi uji coba lapangan Stadion Jatidiri Pagi (6/2) kemarin juga berharap timnya bisa mendapatkan tekanan yang berarti dari tuan rumah yang nantinya juga akan dia gunakan sebagai bahan evaluasi menjelang kompetisi. “Kenapa kami memilih PSIS sebagai lawan uji coba, karena kami melihat PSIS punya kecepatan dan agresifitas. Level mereka juga tidak terlalu jauh,” kata pelatih yang musim lalu menukangi tim Persebaya Surabaya tersebut. “Tujuan utama kami ingin mematangkan organisasi permainan,” imbuhnya. (bas/smu)