Mulai Bentengi Atlet

243
Irwan P Cahyono. (DOK/RASE)
Irwan P Cahyono. (DOK/RASE)
Irwan P Cahyono. (DOK/RASE)

SEMARANG – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Semarang akan mengantisipasi mutas atlet ke daerah lain terutama mutasi atlet yang akan turun di ajang Porprov Jateng di Kota Tegal 2018 mendatang.

Maklum saja tahun 2015 dan 2016 mendatang akan menjadi masa krusial perpindahan atlet. Berdasar aturan, seorang atlet bisa memperkuat daerah lain jika telah menjadi warga daerah itu minimal selama dua tahun. “Kami tidak akan pernah memberikan rekomendasi kepada atlet semua cabang olahraga yang pindah ke kota/kabupaten lain. Terutama bagi atlet utama dan potensial, ini sudah menjadi komitmen kami,” tutur Wakil Ketua Umum II Irwan Cahyono, kemarin.

Untuk mengantisipasi, induk cabang olahraga di Ibu Kota Jateng itu akan membuat perjanjian dengan atlet penerima insentif. Rencananya, pada 2015 ini akan dberikan insentif untuk atlet Kota Semarang.

Jika ingin pindah dan memperkuat daerah lain, harus mengganti dana yang telah diterima sebesar 100 kali lipat. Dan ada persyaratan lain yang harus dipenuhi oleh atlet. Mantan Ketua Umum Perkemi Kota Semarang itu menyatakan, jika ada atlet Semarang memperkuat daerah lain dalam sebuah event, patut dipertanyakan.”Harus dilihat dulu dokumen yang ada dan sudah dipastikan ilegal. Sebab, kami tidak pernah mengeluarkan surat rekomendasi,” ujar dia.

Dia mencontohkan salah satu cabang olahraga yang kecolongan seorang atletnya memperkuat sebuah daerah di Kalimantan. Dan atlet tersebut berasal dari Semarang dan juga atlet Jateng. Hal ini tidak akan terjadi lagi di masa datang.

Irwan mendorong agar pengurus cabang olahraga aktif dalam melakukan pendekatan kepada atlet binaannya agar tetap komit membela Kota Lumpia. Karena itu, pihaknya akan melakukan koordinasi dan konsolidasi dengan pengurus olahraga. Tahun ini, kata dia, merupakan tahun pembinaan menuju Porprov. ”Pada 2016, cabang olahraga akan menghadapi babak kualifikasi Porprov. Babak ini sangat penting dalam usaha mempertahankan gelar juara umum,” pungkasnya. (bas/smu)