17 Ibu Rumah Tangga Positif HIV

223
MUNIR ABDILLAH/RADAR SEMARANG
MUNIR ABDILLAH/RADAR SEMARANG
MUNIR ABDILLAH/RADAR SEMARANG

SALATIGA–Pengindap virus HIV/AIDS dari golongan ibu rumah tangga di Salatiga semakin mengkhawatirkan. Berdasarkan data dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Salatiga, pekerjaan ibu rumah tangga yang terjangkit HIV/AIDS berjumlah 17 orang.

Ironis, para ibu rumah tangga tersebut mendapat penularan virus mematikan itu dari suaminya sering berhubungan seks bebas di luar rumah. Ini yang kemudian menambah data anak umur 0-14 tahun, 6 orang terinveksi virus HIV/AIDS.
Berdasarkan data KPA Kota Salatiga, pengindap penyakit AIDS di Salatiga sejak tahun 1993, berjumlah 183 orang, 53 orang diantaranya meninggal dunia. Pengindap HIV/AIDS berdasarkan pekerjaan, karyawan swasta berjumlah 26 kasus, wanita pekerja seksual 24 kasus, pemandu karaoke 23 kasus, ibu rumah tangga 17 kasus, mahasiswa 9 kasus, buruh 7 kasus, tidak bekerja 4 kasus, sopir 4 kasus, tukang parkir 2 kasus, pelaut dan pedagang masing-masing satu kasus, anak usia 0-14 tahun 6, lain-lain 34 kasus. Berdasarkan jenis kelamin tahun 2014 pengindap penyakit HIV/AIDS, perempuan 11 orang, laki-laki 8 orang.

Menurut Zuraidah, melalui staf KPA Kota Salatiga Diah Erma, kebanyakan pengindap HIV/AIDS adalah akibat heterosex. Jumlah pengindap akibat heterosex (ganti-ganti pasangan) sebanyak 98 orang, pengguna narkoba dan suntik 62 orang, homosex 17 orang dan anak akibat keturunan pengindap AIDS berjumlah 6 orang. Dari segi umur, paling banyak pengindapnya adalah pantaran umur 20 sampai 35 tahun. “Fungsi KPA saat terhadap pengindap HIV/AIDS adalah melakukan pendampingan dan motivasi. Pertama agar pengindap HIV/AIDS tidak menularkan penyakitnya kepada orang lain. Kedua membesarkan hatinya agar melakukan hal positif,” terangnya.

Diah Erma juga menambahkan jika KPA terus bekerja untuk menanggulangi penularan HIV/AIDS dengan membagikan kondom di tempat-tempat yang rawan terjangkit virus HIV/AIDS. Dari Juli sampai September, KPA Kota Salatiga sudah mendistribusikan 14194 buah kondom di 20 tempat yang rawan. “Hari ini dalam memperingati hari HIV/AIDS sedunia, KPA bekerjasama dengan Dinas Kesehatan juga menggelar sosialisasi pencegahan HIV/AIDS di Rumah Tahanan. Acara ini bertujuan untuk mencegah bertambahnya pasien HIV/AIDS di Salatiga,” jelasnya. (mg14/zal).