Sepakbola dan Basket Berpeluang Medali Emas

11765

SEMARANG – PON Remaja akan berlangsung 9-16 Desember mendatang di Surabaya. Namun sepakbola dan bola basket akan berangkat lebih dulu yaitu 2 Desember karena jadwal pertandingannya memang lebih awal dibanding cabang yang lain. Kontingen besar direncanakan berangkat tanggal 6 atau 7 Desember.

Kabid Binpres KONI Jateng Taufik Hidayah mengatakan, memang belum mendapatkan jadwal resmi penyelenggaraan PON Remaja yang baru kali pertama digelar tersebut. Namun, informasi yang didapatkan, sepakbola dan basket akan dimulai sebelum upacara pembukaan.

Taufik menambahkan, karena PON Remaja digelar baru kali pertama, maka sulit diprediksi kekuatan masing-masing provinsi. Meskipun demikian, berdasarkan hasil kualifikasi PON Remaja, sejumlah cabang diharapkan bisa berprestasi di ajang tersebut seperti bola basket putri, sepakbola dan anggar. “Basket putri diharapkan bisa berbicara karena meraih medali emas di kualifikasi, demikian juga dengan sepakbola yang juara wilayah,” bebernya.

PON Remaja I menggelar 15 cabang olahraga yaitu, loncat indah, renang, atletik, anggar, bola voli pantai, bulutangkis, judo, menembak, panahan, pencak silat, senam, sepakbola, tenis, tenis meja dan bola basket.

Secara usia dan persyaratan umum, atlet Jateng dengan jumlah personel 112 orang yang mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) Remaja I, dinyatakan lolos verifikasi. Dalam verifikasi di kantor Sekretariat PB PON Remaja, Surabaya, Rabu (19/11), Jateng hanya diminta melengkapi persyaratan beberapa atlet yang kurang yakni dokumen asli, seperti akta kelahiran dan kartu keluarga. “Atlet Jateng dari 15 cabang olahraga, secara keseluruhan dinyatakan lolos verifikasi terutama persyaratan usia, dan berhak mengikuti PON Remaja. Meskipun memang ada beberapa atlet yang belum melengkapi dokumen asli, dan itu segera kami penuhi,” kata Taufik Hidayah yang mengikuti verifikasi.

Menurut dia, dengan jumlah 112 orang, Jateng kemungkinan menjadi kontingen terbesar kedua setelah Jatim. Pasalnya, provinsi ini meloloskan dua cabang dengan jumlah pemain cukup banyak yaitu sepakbola dan bola basket putra dan putri. (bas/smu)