Dewan Sahkan APBD Kota Semarang 2015

206

BALAI KOTA – DPRD Kota Semarang, Rabu (19/11) kemarin, mengesahkan Rancangan APBD Kota Semarang tahun 2015 dalam rapat paripurna DPRD Kota Semarang yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Kota Semarang, Joko Santoso. APBD Kota Semarang tahun 2015 berjumlah sekitar Rp 3,5 triliun. Jumlah tersebut meningkat cukup tajam bila dibandingkan tahun anggaran sebelumnya.

Didampingi unsur pimpinan lain, Wiwin Subiyono dan Agung Budi Margono mengetuk palu tanda Raperda disahkan setelah mendapat persetujuan dewan. Dalam rapat paripurna itu, dihadiri segenap anggota dewan, sedangkan dari eksekutif hadir antara lain Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Sekda Kota Adi Trihananto dan para kepala SKPD.

Joko Santoso dalam sambutannya menandaskan bahwa pengesahan Raperda APBD Kota Semarang ini diharapkan segera diikuti dengan pelaksanan program kerja. ”APBD Kota Semarang 2015 sudah disahkan, program-program pemerintah harus segera dilaksanakan agar masyarakat bisa mendapat manfaat dari pembangunan kota,” ujar Joko Santoso.

Dia mengharapkan agar eksekutif tidak lagi beralasan pembahasan anggaran menjadi penghambat kegiatan pembangunan. Selain penetapan APBD Kota Semarang tahun 2015 paripurna kemarin juga mengesahkan tentang program legislasi daerah atau prolegda DPRD Kota Semarang Tahun 2015.

Dalam laporannya Ketua Badan Legislasi DPRD Kota Semarang Suharsono mengatakan bahwa dari hasil rapat Badan Legislasi (Baleg) ada 45 Raperda yang masuk dalam prolegda. Dari Raperda itu sebagian besar merupakan luncuran dari Baleg DPRD Kota Semarang periode sebelumnya. ”Raperda yang diluncurkan antara lain Raperda ketertiban umum, Raperda tentang tower bersama dan lain sebagainya,” ujar Suharsono.

Sedangkan Raperda baru yang mendesak dibahas antara lain Raperda tentang pencairan dana hibah dan bansos, Raperda tentang penyelenggaraan reklame dan lain sebagainya.

Sementara itu Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyampaikan apresiasi dan terima kasih pada DPRD Kota Semarang yang telah merampungkan pembahasan APBD Kota Semarang tahun 2015. ”Meski anggota dewan baru, namun semangat kerjanya luar biasa. Kami mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang baik ini,” ujar wali kota. (zal/ida/ce1)