Jateng AkhirnyaTuan Rumah

189

SEMARANG – Jateng akhirnya ditetapkan menjadi tuan rumah babak kualifikasi cabang sepakbola PON Remaja I yang akan digelar 3-9 November lusa. Keputusan itu berdasar surat 1559/PGD/124/X-2014 yang ditandatangani oleh Sekjen PSSI Joko Driyono.

”Kami sudah siap semuanya. Kini kami sudah siap menunggu kedatangan tim-tim yang kabarknya akan mulai datang besok (hari ini). Babak kualifikasi akan dilakukan di stadion Citarum,” kata Sekum Asosiasi Provinsi PSSI Jawa Tengah, Budi Winarko di Kantor Sekretariat PSSI Jateng, Kompleks Stadion Citarum, Semarang, Jumat (31/10).

Menurut ketua panpel pertandingan kualifikasi itu, pihaknya juga menyiapkan stadion alternatif jika terjadi skor imbang di pertandingan terakhir, pihaknya akan menggunakan Stadion Jatidiri. Terkait pemakaian Stadion Jatidiri, pihaknya akan segera mengajukan permohonan ke pengelola dan PSIS. Apalagi PSIS juga masih menjalani latihan sambil menunggu kepastian hukuman dari Komdis yang sampai kemarin belum ada. “Toh ini juga alternatif. Jika tidak terlalu mendesak, kami akan tetap memakai Citarum. Di Jatidiri, hanya untuk satu pertandingan jadi tak terlalu mengganggu,” katanya.

Sementara itu Asisten Manajer tim Jateng, Putut Wibowo Adi secara terpisah menjelaskan, timnya kini sudah memperoleh 18 pemain yang didaftarkan ke PSSI/PB PON untuk mengikuti babak kualifikasi. ”Ini
merupakan pemain final, kendati kami juga menyiapkan cadangan jika sewaktu-waktu ada persoalan di tengah jalan. Semoga tak ada masalah ke depan,” Kata Putut.

Para pemain sendiri akan menjalani screening pada tanggal 2 November di Citarum, sambil melakukan coba lapangan. Yang pasti persyaratannya lebih rumit dari PON karena di PON Remaja ini bukan hanya ijazah yang dilampirkan selain Akte dan KK, tetapi juga raport para pemain. ”Ini akan mengurangi resiko pencurian umur,” bebernya.

Pada babak kualifikasi mendatang Jateng akan berada di Wilayah III bersama empat Provinsi lainnya yaitu DKI Jakarta, Jabar, Banten dan DI Jogjakarta. Babak kualifikasi PON Remaja cabor sepakbola itu sendirinantinya akan dibagi dalam enam wilayah menggunakan sistem setengah kompetisi dengan format home tournament dimana nantinya akan ada 11 tim yang lolos ke PON Remaja I di Surabaya 6-12 Desember 2014.“Jadi tiap wilayah berbeda ada yang diambil dua ada yang satu. Yang jelas total nanti akan ada 12 tim terdiri dari 11 tim yang lolos kualifikasi dan satu tim yaitu Jatim yang otomatis lolos karenabertindak sebagai tuan rumah PON Remaja,” pungkas Putut. (bas/zal)