Velg Cancave Sedang Tren

1843
KEREN: Velg mobil dengan desain terbaru ditawarkan Niki Velg and Tire. (NURCHAMIM/RADAR SEMARANG)
 KEREN: Velg mobil dengan desain terbaru ditawarkan Niki Velg and Tire. (NURCHAMIM/RADAR SEMARANG)

KEREN: Velg mobil dengan desain terbaru ditawarkan Niki Velg and Tire. (NURCHAMIM/RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Tren modifikasi mobil, saat ini tengah berkiblat ke Jepang. Termasuk modifikator mobil Kota Semarang, tengah getol mendandani mobilnya dengan gaya Jepang, selain gaya Eropa yang terlebih dulu menjadi tren.

Pemilik toko Niki Velg and Tire Jalan Jendral Sudirman No 188 Semarang, Niki Andiono mengatakan, gaya Stance Lover, Chamber, Retro, hingga Hella Flush, sekarang tengah digandrungi para modifikator.

Velg, menurutnya, menjadi bagian ‘wajib’ dari mobil untuk mobil modifikasi. Velg model Cancave yang sporty dan elegan, adalah salah satu model yang sedang diburu. Velg model cancave ini menjadi pilihan lantaran tidak mengurangi kenyamanan mobil. Menggunakan velg berdiameter 17 sampai 18 inchi, dengan ban pembungkus yang lebar sehingga nampak elegan. Modifikator rela merogoh kantongnya dalam-dalam untuk mengikuti tren ini. Velg ini berharga antara Rp5 Juta hingga Rp26 juta. “Velg ini menggeser tren velg jenis retro, yang berdiameter lebih kecil namun memiliki bertapak lebar. Kalau Canvace lebih sederhana, bisanya hanya mengganti velg standar menjadi velg berukuran minimal 17 inci,” katanya kepada Radar Semarang, kemarin.

Markerting Niki Velg and Tire, Ripto menambahkan, bagi para modifikator harus tetap mengedepankan kenyamanan dalam berkendara dengan menyesuaikan ukuran mobil dengan ukran velg dan ban. “Minimal naik dua tingkat dari velg standar, kenyamanan mobil masih sama dengan velg asli. Tapi kalau sudah naik 3 tingkat atau lebih, bisa membuat suspensi terasa lebih keras dan mempengaruhi akselerasi,” jelasnya.

Ditambahkan, velg modifikasi lebih cocok digunakan pada mobil jenis sedan ataupun city car. Untuk memodifikasi sendiri, ditawarkan dua pilihan velg yakni lokal dan import. “Kalau kualitas lokal biasanya model hanya standar tidak banyak variasi, harganya dari Rp4 jutaan. Untuk yang import, dari harga Rp8,5 juta – Rp10,5 juta plus dengan ban untuk mobil jenis city car dengan ukuran 17 – 18 inci yang masih aman untuk jalanan Semarang,” paparnya

Sementara untuk velg diatas 18 inci, biasanya digunakan untuk mobil dengan kelas MPV, jeep, dan mobil bertubuh bongsor lainnya. Dijual dengan harga Rp 11 juta hingga Rp 25 juta, bahkan untuk velg diatas 20 inci lebih, harganya bisa mencapai Rp 35 juta lebih. (den/smu)