Kontingen Jateng Butuh Rp 4 Miliar

145

SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menganggarkan Rp 3 miliar hingga Rp 4 miliar untuk kontingen Jateng pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Remaja di Surabaya, Desember 2014.
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Tengah Budi Santoso mengatakan, jumlah anggaran tersebut hanya diperuntukkan bagi persiapan atlet untuk latihan hingga memberangkatkan atlet mengikuti PON Remaja di Surabaya mendatang. “Dana tersebut belum termasuk bonus untuk peraih medali pada PON Remaja. Dana untuk bonus akan kita ambilkan dari anggaran pendidikan olahraga,” katanya.
Untuk pemusatan latihan untuk persiapan tampil pada PON Remaja mendatang, dia mengatakan, tidak perlu ada pemusatan latihan secara khusus karena selama ini para atlet juga sudah mulai menjalani latihan melalui program pelatda jangka panjang. Apalagi, kata dia, kekuatan atlet yang akan tampil pada PON Remaja di Surabaya mendatang adalah mereka yang masuk program Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP). “Saya kira kekuatan Jateng dan juga provinsi lain pada PON Remaja mendatang adalah para atlet yang masuk PPLP karena usianya antara 13-16 tahun,” katanya.
Ia mengatakan soal atlet yang akan diterjunkan pada PON Remaja mendatang bakal ditentukan usai pelaksanaan Popnas di Bali, Agustus 2014. Menyinggung soal cabang olahraga yang akan diikuti Jawa Tengah pada PON Remaja di Surabaya mendatang, dia mengatakan, hingga saat ini memang belum ada keputusan dari KONI Pusat soal itu. Akan tetapi, maksimal yang dipertandingkan sekitar 18 cabang olahraga. “Kita ingin mengikuti semua cabang olahraga yang dipertandingkan pada PON Remaja mendatang,” katanya.
Soal target Jateng pada PON Remaja, dia mengatakan, minimal bisa masuk peringkat tiga besar mengingat pada “event-event” antar-PPLP, Jateng selalu berada pada peringkat keempat. “Pada tahun kemarin kita menempati peringkat keempat karena kalah dengan tim Ragunan Jakarta. Mungkin kalau di PON Remaja, Ragunan tidak ikut mengingat atletnya kembali ke daerahnya masing-masing,” katanya. (smu)