Kreativitas Jadi Nilai Plus

271

BANYUMANIK — Bertempat di Balai RW VI Kelurahan Banyumanik, Pemkot Semarang yang diwakili Asisten Administrasi Umum Agustin Lusin Dwimawati menerima kunjungan tim penilai lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Jawa Tengah 2014. Ketua Tim Penilai yang dipimpin oleh Tavip Supriyanto menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan evaluasi dan penilaian usaha perkembangan pembangunan pemkot bersama kelurahan. Kegiatan ini diharapkan bisa mendorong usaha pembangunan yang dilakukan oleh masyarakat kelurahan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan.
Tavip menjelaskan ada 8 indikator yang akan dijadikan acuan penilaian lomba desa dan kelurahan tahun ini. Delapan indikator tersebut meliputi pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan, lembaga kemasyarakatan, dan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga. ”Sedangkan materi pendukung yang dapat dijadikan nilai plus yaitu kreativitas dan inisiatif daerah, produk unggulan daerah, kinerja pemerintah serta keamanan dan ketertiban,” terangnya.
Tahun 2014 ini Pemprov Jateng telah mendapatkan 6 nominasi peserta lomba desa dan kelurahan. Yaitu Kota Semarang, Kota Solo, Kota Pekalongan, Kota Temanggung dan Kota Purworejo
Agustin Lusin mengatakan, lomba ini mampu memberikan semacam motivasi bagi setiap kelurahan untuk mengangkat, memberdayakan serta meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban. ”Selain itu juga meningkatkan partisipasi masyarakat, pemerintahan, lembaga kemasyarakatan serta pemberdayaan bidang kesejahteraan keluarga,” imbuhnya. (zal/ton/ce1)