Buka Kategori Kelompok Umur, Dewasa dan Veteran

889

SALATIGA — Pelaksanaan Djarum Foundation Kejurkot Bulu Tangkis Wali Kota Cup Salatiga yang digelar mulai Rabu (28/5) ini di GOR Rajawali, akan membuka tiga kategori yang mencakup semua usia pemain. Hal itu dilakukan untuk mengakomodir minat para pencinta bulu tangkis yang ingin tampil mengikuti turnamen. Meski demikian, pertandingan kelas Taruna pada kesempatan ini tidak dapat digelar karena batas minimum kuota peserta tidak mencukupi.
Ketua Panitia Kejuaraan Joko Susilo menuturkan, dengan pengurus baru yang dilantik akhir 2013 lalu, Pengkot Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Salatiga mengupayakan setiap event pertandingan dapat ramai diikuti peserta. ”Dengan pengurus baru kami membangun kembali agar kejuaraan mulai usia dini hingga veteran berlangsung semarak. Soal titel yang berubah jadi Wali Kota Cup itu, kami harapkan dapat menarik peserta dari dinas-dinas ataupun instansi pemerintah lainnya,” tuturnya kemarin di sela persiapan kemarin.
Dari tiga kategori tersebut, total ada 15 kelas pertandingan. Kategori Kelompok Umur meliputi kelas Tunggal Usia Dini Madya Putra/Putri, Tunggal Usia Dini Utama Putra/Putri, Tunggal Anak-Anak Madya Putra/Putri, Tunggal Pemula Madya Putra/Putri, Tunggal Pemula Utama Putra/Putri dan Tunggal Remaja Putra. Di kategori Dewasa, hanya membuka satu kelas, yaitu Ganda Dewasa Bebas.
Sedangkan kategori Veteran ada tiga kelas pertandingan. Terdiri atas dua kelompok putra dan satu putri. Yakni ganda putra usia peserta maksimal 40 tahun dan ganda putra usia peserta minimal 45 tahun. Sedangkan bagian putri yakni ganda putri usia peserta maksimal 35 tahun.
”Untuk ganda dewasa itu istilahnya kelompok utama dan ganda veteran kelompok madya. Dari keseluruhan kelas itu dari kejuaraan tahun lalu memang ada yang hilang, yaitu Ganda Remaja serta Tunggal dan Ganda Taruna. Pesertanya memang sedikit sehingga tidak mencukupi. Karena itu mereka yang ikut akan turun di kategori dewasa,” ungkapnya.
Menurut Joko, kegiatan yang akan berlangsung hingga 31 Mei 2014 mendatang ini dimulai dengan seremonial pembukaan. Direncanakan turut dihadiri Wali Kota Salatiga M. Yulianto, yang sekaligus mengawali kejuaraan. ”Kami sudah menyampaikan undangan kepada Wali Kota, pejabat Muspida, Ketua KONI. Semoga saja tidak ada halangan dan berkenan hadir,” imbuhnya.
Kejuaraan Djarum Foundation Kejurkot Bulu Tangkis Wali Kota Cup Salatiga diharapkan dapat menjaring bibit-bibit pebulu tangkis andal. Sehingga, pada saat digelar kejuaraan yang tingkatnya lebih tinggi, mereka mampu tampil mewakili Kota Salatiga. Momen liburan sekolah saat ini juga menjadi kesempatan untuk mendatangkan penonton lebih banyak. (fiq/ton/ce1)