Truk Masuk Kota, Sebabkan Jalan Rusak

237

TEMANGGUNG–Truk bermuatan penuh yang sebagian besar melebihi batas berat angkutan (tonase), diduga menjadi penyebab banyaknya kerusakan jalan di dalam kota. Terakhir, Jalan MT Haryono yang merupakan jalan induk dalam kota berlubang di gorong-gorong yang belum setengah tahun dibangun. Selain kerusakan tersebut, lubang jalanan dan merosotnya aspal diduga terjadi akibat kendaraan yang melintas melebihi tonase.
Dari Alun-Alun Temanggung ke arah barat, sepanjang Jalan MT Haryono hingga Jalan Gatot Subroto terdapat banyak lubang jalanan.  Di ujung jJlan MT Haryono, tepatnya di gorong-gorong yang pada awal tahun lalu baru selesai dibangun terdapat lubang menganga di tengah jalan. Lubang tersebut oleh warga ditutup dengan drum dan kayu untuk mengindari kecelakaan lalu lintas.
“Sering ada truk lewat, dan sering juga ada tronton besar yang membawa angkutan lewat sini. Kalau amblesnya jalan di gorong-gorong itu kemungkinan karena itu dan bisa juga karena bangunannya tidak kuat,” kata Roni Priambudi, 40, warga Jl. MT Haryono Temanggung.
Lubang sendiri muncul pada Rabu (7/5) lalu, sejak terdapat lubang telah beberapa kali terjadi kecelakaan kecil yang didominasi sepeda motor. Beruntung tidak ada korban jiwa pada kecelakaan yang terjadi pada jalur tersebut. “Biasanya karena tidak bisa mengerem mendadak terus terpeleset, ada juga yang kaget terus jatuh, tapi tidak apa-apa, hanya luka-luka kecil,” katanya.
Hal serupa juga dikatakan Wisnu, 20, warga Lingkungan Tegaltemu, Kelurahan Manding, Kecamatan Temanggung yang setiap hari melewati ruas jalan itu. Menurutnya, sejak ada lubang yang posisinya tepat berada di pertigaan acap kali membuat macet panjang, khususnya pada jam-jam sibuk. “Karena ada pertemuan tiga arus, apalagi saat pulang sekolah, kan di sini ada SMK Swadaya kalau pulang pasti ramai,” tambahnya.
Warga berharap Pemerintah Kabupaten Temanggung dan Bina Marga Provinsi Jawa Tengah segera melakukan penambalan terhadap lubang jalan dalam kota yang rawan menyebabkan kecelakaan.
Politisi PPP, Mudiyanto, menambahkan, pihaknya meminta agar Pemkab Temanggung segera memberikan rekomendasi kepada Polres Temanggung untuk melarang truk masuk dalam kota. Sebab, keberadaan truk masuk kota dinilai menjadi penyebab kerusakan jalan dalam kota.  “Mohon segera untuk ditindaklanjuti. Jalur truk sudah kita miliki lewat jalan lingkar,” tandasnya. (zah/lis)