PKPI Tak Laporkan Dana Kampanye

222

TEMANGGUNG—Hingga batas terakhir penyerahan Laporan Akhir Dana Kampanye, PKPI belum menyerahkan seluruh anggaran yang dipergunakan dalam Pemilihan Legislatif (Pileg), 9 April lalu. Partai yang dipimpin oleh Sutiyoso ini, akan mendapatkan teguran khusus karena hingga batas akhir tidak juga menyerahkan.
”Sampai pukul 18.00, semua partai sudah menyerahkan. Tinggal PKPI yang belum menyerahkan. Kalau memang tidak menyerahkan, berarti ada sanksi administratif. Termasuk sanksi apabila memiliki caleg terpilih, tidak akan kami tetapkan,” kata Komisioner KPU Temanggung, Yami Blumut.
Ia mengatakan, selain PKPI, seluruh partai telah menyerahkan daftar penggunaan dana kampanye. Sebanyak 11 partai telah melaporkan dengan besaran dan penggunaan yang variatif. ”Sudah semuanya, kami sudah melakukan pengumpulan, selanjutnya akan diaudit,” terangnya.
Pada, Rabu (23/4), enam partai masing-masing PDI Perjuangan, Partai Nasdem, PKB, PPP, Partai Hanura dan Partai Demokrat menjadi partai yang telah menyetorkan laporan dana kampanye. Sementara lima partai lainnya menyerahkan pada hari terakhir pendaftaran, Kamis (24/4) kemarin. ”Jadi tinggal PKPI saja,” katanya.
Ia mengatakan, setelah pelaksanaan pencoblosan pada 9 April lalu, pihaknya sudah melayangkan surat kepada seluruh partai yang ada di Temanggung, yang isi­nya segera untuk menyerahkan laporan akhir dana kampanye serta jawdal penyerahan laporan. “Begitu pencoblosan selesai, kami langsung melayangkan surat kepada semua partai. Karena waktu penyerahan laporan akhir dana kampanye sangat singkat, yakni hanya 15 hari setelah pencoblosan dilakukan,” katanya.
Ketetapannya, kata Yami, sesuai dengan pasal 135 paling lambat 15 hari setelah pemungutan suara dilakukan, seluruh parpol wajib menyerahkan laporan akhir dana kampanye. Jika tidak dipenuhi, berdasarkan pasal 138, maka calon terpilihnya akan dikenai sanksi tidak ditetapkan sebagai pemenang. “Artinya, berdasarkan tahapan pelaksanaan Pemilu 2014 ini, jadwal akhir penyerahan dana kampanye pada 24 April,” tandasnya. (zah/ida)