Sembilan Pendaki Sindoro Tersesat

272

TEMANGGUNG—Sebanyak 9 orang pendaki Gunung Sindoro hilang di kawasan hutan lindung Gunung Sindoro. Para pendaki dari Jakarta tersebut hilang beberapa hari. Hilangnya para pendaki tersebut disebabkan cuaca buruk yang mengganggu jarak pandang. Beruntung para korban segera ditemukan oleh tim gabungan yang melakukan pencarian.
Para pendaki yang ditemukan tersebut kemudian diistirahatkan di markas Pecinta Alam Grasindo, di Desa Kledung, Kecamatan Kledung yang merupakan pos awal pendakian. Kasi Kesiapsiagaan Bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Temanggung, Gito Walngadi, mengatakan, para pendaki naik ke Gunung Sindoro melalui jalur pendakian di Kledung pada Sabtu (1/2) pukul 17.00.
”Minggu dini hari kami mendengar laporan bahwa para pendaki tersesat karena cuaca buruk, hujan deras, dan tertutup kabut. Semula dari data yang kami dapat ada 10 pendaki yang tersesat, ternyata setelah dilakukan pencarian ternyata hanya sembilan pendaki,”kata Gito.
Pencarian dilakukan oleh tim Search and Rescue (SAR) dan BPBD Temanggung, dibantu kelompok PA Grasindo. Para pendaki ditemukan di pos tiga Gunung Sindoro. Saat ditemukan, beberapa orang mengalami kelelahan, sehingga lemas.
Ketua PA Grasindo, Bashori, mengatakan, saat ini kesembilan pendaki tersebut dalam kondisi sehat dan masih beristirahat di markas Grasindo. ”Semuanya sudah turun. Masih ada yang kelelahan, tapi semua sedang beristirahat,” kata Bashori. (zah/lis)