Beri Wisata Gratis untuk Pengungsi

198

KUDUS-Untuk memberikan hiburan kepada anak-anak yang ada di lokasi pengungsian, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus menggratiskan wahana wisata Museum Kretek.
Kegiatan yang dilaksanakan kemarin itu ditujukan untuk para pengungsi yang ada di Balai Desa Jepang, Kecamatan Mejobo. Sebelumnya, seperti di GOR Wergu Wetan, Desa Loram, dan beberapa lokasi pengungsian lain, juga mendapat kesempatan yang sama.
Menurut Sancaka Dwi Supani selaku kepala Bidang Pariwisata Disbudpar Kudus menjelaskan, kurang lebih 14 hari para korban banjir di Kudus menempati lokasi pengungsian.
Kondisi tersebut tentu membuat sejumlah pengungsi rindu dengan kampung halaman hingga perasaan bosan di lokasi pengungsian. Terlebih bagi anak-anak yang masih memiliki dunia bermain.
”Untuk itu, kami didampingi teman-teman Pramuka Kwarcab Kudus mengajak anak-anak di setiap pengungsian untuk bermain atau outbond. Hal itu agar membuat mereka bisa ceria kembali dengan kondisi yang dialami saat ini,” ungkap Supani.
Setidaknya ada 35 anak yang diajak bermain, meski dengan permainan yang sederhana. Setelah melaksanakan outbond, anak-anak diajak bermain di waterboom yang ada di Museum Kretek. (ery/aji/ida)