Sehari, 3 Terduga Teroris Ditangkap

KENDAL - Tim Datasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri menangkap dua terduga teroris di Kendal, dan seorang di Temanggung. Dua terduga teroris di Kendal berinisial Z, warga Desa Payung, Kecamatan Weleri, dan R (Rochani), 45, warga Dusun Bumen RT 7 RW 5 Desa Ringinarum, Kecamatan Ringinarum. Z diamankan di sebuah rumah di Desa Payung, Weleri, Minggu (18/6) sekitar pukul 06.30. Selang sekitar 2,5 jam, disusul Rochani ditangkap di bengkel las miliknya sekitar pukul 09.05.

Saksi mata, Sugito, karyawan bengkel las, mengatakan, penangkapan terhadap Rochani dilakukan petugas Densus yang datang menggunakan tiga mobil. Saat itu, majikannya tersebut sedang bersih-bersih bengkel. Begitu turun dari mobil, petugas menangkap Rochani lalu dibawa masuk ke dalam rumah. Selang sepuluh menit kemudian, Rochani dibawa masuk ke mobil petugas. ”Keluar dari rumah, tangan Pak Rochani diikat, lalu dibawa ke dalam mobil petugas,” tuturnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Ia mengaku, tidak ada yang mengetahui alasan suami Nur Khasanah ini diamankan petugas. Apakah ada terkait Jamaah Ansharut Daulah (JAD) dan teror bom Tuban, Jawa Timur, April lalu, ataukah terlibat dalam jaringan teroris lainnya. ”Tidak ada yang tahu, pihak keluarga juga tidak diberitahu alasan penangkapan Pak Rochani, karena berlangsung cepat, hanya 10 menit,” jelasnya.

Dikatakan, petugas Densus yang turun dari mobil dan masuk ke dalam rumah hanya tiga orang. Sedangkan jumlah petugas yang menunggu di dalam tiga mobil, Sugito mengaku tidak mengetahuinya. ”Mereka datang bersenjatakan lengkap,” katanya.

Ketua RT 7 RW 5, Dusun Bumen, Samsodin, mengatakan, usai penangkapan warganya itu, dirinya diminta menjadi saksi proses penggeledahan yang dilakukan polisi bersenjata lengkap. Penggeledahan sendiri dilakukan lebih kurang setengah jam  lamanya.

”Penggeledahan dilakukan polisi mencari barang bukti. Mereka membawa peralatan las seperti slang dan lainnya. Polisi juga mengamankan bendera merah putih yang ada tulisan Arab seperti lafaz tauhid,” terangnya.

1
2
3

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar