Pentas Cuma 3-5 Menit, Latihannya Seminggu

Pemuda Dusun/Desa Gunungpring, Kabupaten Magelang, punya aktivitas unik pada saat Ramadan. Mereka menggelar Festival Bedug yang diikuti kaum remaja.

ACARA yang dipadu dengan ngabuburit itu, diselenggarakan di halaman parkir makam Kyai Raden Santri Gunungpring, Muntilan. Diikuti oleh 13 tim dari sekitaran Muntilan. Setiap tim membawa pendukung. Per tim terdiri atas 3 remaja. Mereka beradu saing, mengiringi 1 lagu wajib dan 1 kreasi sendiri. Tiga bedug disiapkan di atas panggung utama, disaksikan ratusan penonton. Tiga juri mengamati unjuk kebolehan setiap tim.

Ketua Karang Taruna Dusun Gunungpring, Muh. Ahwan Annas, mengatakan, kegiatan tersebut untuk memeriahkan Ramadan dan menunggu waktu berbuka. ”Selain Festival Bedug, kami sekalian meresmikan pos keamanan Dusun Gunungpring yang berada di dekat lokasi acara.”

Panitia menerapkan kriteria penilaian. Yaitu, keselarasan pukulan bedug, improvisasi, dan kekompakan masing-masing tim. Setiap tim beraksi selama kurang lebih 3-5 menit untuk pentas. Total hadiah yang diperebutkan Rp 6 juta.

Joko Hartoyo, 26, seorang peserta menuturkan, timnya telah mempersiapkan diri selama satu minggu. “Saat mengetahui pengumuman ada festival, saya dan dua teman saya langsung ndaftar. Selain ingin mengasah kemampuan, kita ingin memeriahkan Ramadan dengan kegiatan positif.” (vie/isk)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar