Komisi A Anggap Komisi C Salahi Aturan

KENDAL—Komisi C DPRD Kendal melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah kantor organisasi perangkat daerah (OPD) di Kendal. Dalam sidak, Komisi C tidak menyoroti masalah kinerja, melainkan mengkritisi soal penataan kantor pemerintahan yang dinilai tidak layak sebagai kantor.

Beberapa kantor yang disidak yakni kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP). Selain itu, kantor Unit Layanan Pengadaan (ULP) dan bangunan lama yang berada di kantor Pelajar.

Saat sidak di tiga kantor yakni DPU PR, DLH dan DPKP, Komisi yang diketuai oleh Nashri melihat penataan kantor yang berdesak-desakan. Bahkan ruang arsip tidak tertata dengan baik. “Ini lebih kaya gudang, bukan ruang arsip,” ujar Nashri, kemarin.

Sedangkan saat sidak ke Kantor DPKP, Nashri mengaku prihatin. Pasalnya kantor merupakan bekas garasi mobil dan tempat truk sampah. Namun dijadikan kantor karena keterbatasan tempat.

Menurut Nashri, dulunya kantor DPUPR, DLH dan DPKP sebenarnya hanya untuk satu kantor saja yakni Kantor Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang. Tapi sejak adanya perubahan SOTK malah dijadikan tiga kantor OPD. “Inilah yang menjadi kendala kinerja dari dinas-dinas tidak maksimal,” tandasnya.

Ia berencana akan merekomendasikan kepada Bupati Kendal ataupun Bagian Aset Daerah agar tiga dinas tersebut dipecah. “Dalam arti dipisah agar tidak berdesak-desakan, karena sistem kerja yang seperti ini kurang nyaman,” tandasnya.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar