Genjot Pajak lewat E-PBB dan E-Parkir
BERITA TERKAIT

SEMARANG - Sebagai salah satu kota yang menjadi percontohan smart city di Indonesia, Pemkot Semarang terus memperkuat eksistensi dengan menerapkan berbagai inovasi pelayanan publik. Yang terbaru, melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) meluncurkan layanan E-PBB (www.e-pbb.bapenda.semarangkota.go.id) dan E-Parkir. Peluncuran bertepatan dengan Pekan Panutan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di hall balai kota, Rabu (17/5).

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, mengatakan, melalui inovasi ini masyarakat akan lebih mudah dalam melakukan penyetoran pajak, sehingga pendapatan pajak di Kota Semarang dapat meningkat berkali-kali lipat.

”Inovasi ini (E-PBB) untuk memudahkan wajib pajak (WP) karena pembayaran bisa diakses di mana saja melalui android atau smartphone. Masyarakat juga dapat mengetahui apakah data pembayaran PBB miliknya sudah benar atau belum,” jelas wali kota yang akrab disapa Hendi ini.

Hendi menilai, kedua aplikasi tersebut sebagai terobosan dalam percepatan dan perbaikan pelayanan pajak bagi wajib pajak. Akan ada banyak manfaat yang dirasakan dengan aplikasi ini, yang tentu juga akan berimbas pada percepatan pembangunan di Kota Semarang.

”Yang tak kalah penting adalah perlunya mengubah mindset warga masyarakat bahwa pajak bukanlah beban melainkan harus dilakukan untuk percepatan pembangunan. Kalau dianggap beban, maka akan terasa berat,” imbuh wali kota.

Menanggapi adanya keluhan kenaikan PBB pada 2017 ini, wali kota meyakinkan bahwa angka tersebut masih relatif rendah mengingat NJOP yang digunakan masih sangat njomplang dari harga pasar yang seharusnya. ”Pendapatan sektor pajak di Kota Semarang pun masih jauh dari kota besar lain seperti Kota Surabaya dan Bandung,” tegasnya.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar