Eksotisme Tanaman Bonsai Tembus Pasar Ekspor

Ya, usaha bonsai ini sudah menjelajahi sejumlah negara di Eropa, Timur Tengah, Asia serta Amerika Serikat. Permintaannya pun tidak sedetail seperti yang dicari oleh para kolektor lokal, sehingga harga bisa lebih murah.

”Asal ada karakternya, tidak sakit, bebas dari hama, dan bisa hidup di negara tujuan, maka bonsai jenis ini banyak peminatnya di pasar luar negeri,” katanya.

Sedangkan untuk jenis bonsai, kata Yohan, tergantung dari negara yang akan dituju. Untuk kawasan Eropa, misalnya, bonsai dengan tanaman yang berasal dari daerah pegunungan yang banyak dicari.

”Soalnya temperatur cuaca sangat penting. Kalau beda temperatur terlalu jauh, dikhawatirkan bonsai tidak hidup saat dibawa ke Eropa,” ujar Yohan.

Kemudian untuk ukuran, lanjut dia, kebanyakan medium ke bawah. Hal ini dengan pertimbangan kemudahan transportasi serta penanganan yang lebih mudah dibanding ukuran yang besar.

”Kita kirim biasanya langsung dengan jumlah besar menggunakan kontainer. Kalau ukurannya terlalu besar, memang bisa, tapi agak sulit,” ucapnya.

Untuk permintaan dalam jumlah besar, pihaknya menggandeng sejumlah petani bonsai dari berbagai daerah di Indonesia. Sehingga berbagai jenis tanaman serta jumlah yang diminta oleh pembeli dari luar bisa dipenuhi.

1
2
3

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar