Ganggu Pelayanan E-KTP
BERITA TERKAIT

UNGARAN - Serangan virus Ransomware WannaCrypt atau WannaCry mengakibatkan pelayanan e-KTP (KTP elektronik) di Kabupaten Semarang terganggu. Setidaknya, layanan e-KTP di 19 kantor kecamatan mengalami gangguan terkait pengiriman data dan perekaman. Pasalnya, untuk antisipasi serangan virus tersebut, kemarin koneksi internet di perangkat komputer layanan e-KTP untuk sementara diputus.

Administrator Database (ADB) Disdukcapil, Kabupaten Semarang, Padang Setiyarto, mengatakan, virus tersebut menyerang perangkat komputer yang memiliki sistem Microsoft Windows dan terhubung langsung dengan internet.

”Sementara masih kita lakukan instruksi dari Kementerian Kominfo dan arahan Dirjen Dukcapil untuk back up data dan penguatan security,” ujar Padang kepada Jawa Pos Radar Semarang, Senin (15/5). Teknis penyebaran virus tersebut yakni melalui internet.

Dijelaskan Padang, setidaknya pelayanan e-KTP terganggu hingga pukul 14.00 kemarin. Sebab, proses back up data di Disdukcapil untuk Sistem Informasi Akta Kelahiran (SIAK) dan perekaman e-KTP baru selesai pukul 12.00. Sedangkan untuk data pencetakan e-KTP sedang dalam proses back up.

”Sementara firewall kita tutup dari kecamatan kita off-kan, sebab karakter virus ini jika sudah mengenai satu komputer bisa nyebar tanpa ada jaringan internet sekalipun. Namun untuk pelayanan sidik jari tidak terganggu, kita pakai area network,” jelasnya.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Semarang, Budi Kristiono, menambahkan, jika pihaknya sudah melakukan langkah-langkah yang dianjurkan oleh Diskominfo Jateng. ”Kalau pelayanan perekaman tidak masalah, kami tetap melayani warga. Tetapi, yang menjadi kendala, yakni pengiriman data karena koneksi internet terputus sementara,” tuturnya.

1
2
3
4
5
6

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar