Pedagang RM Blokir Jalan Raya Bojong

KAJEN-Puluhan pedagang rumah makan (RM) di Kecamatan Bojong, menahan 15 armada truk milik PT SMJ dan PT Waskita, Kamis siang (11/5) kemarin.  Bahkan, warga juga memblokir jalan dan menghentikan semua armada truk yang mengangkut material tanah agar memutarbalik lantarn tidak boleh melalui Jalan Raya Bojong, khususnya di Desa Duwet dan Dewa Wangandowo.

Akibatnya, sepanjang Jalan Raya Bojong terjadi kemacetan panjang dan menggunggu aktivitas warga. Bahkan, beberapa sopir truk yang tidak mau berputar arah, sempat bentrok dengan warga hingga nyaris terjadi keributan. Beruntung, Polsek Bojong Polres Pekalongan, segera melerai dan melakukan mediasi antara warga dan sopir truk.

Pengurus Paguyuban Pedagang RM Bojong, Bagus Santoso mengungkapkan bahwa sejak adanya pembangunan proyek jalan tol dan adanya aktivitas truk pengangkut material tanah merah yang berceceran tanah di sepanjang Jalan Bojong, telah menimbulkan debu yang sangat tebal. Akibatnya, banyak rumah makan yang tidak lagi membuka usahanya, karena makanan yang disajikan terkena debu. Akibatnya, tidak ada yang laku lantaran sepi pengunjung yang mampir ke warung. “Hampir setiap hari, kami membuang makanan yang dijual. Pasalnya tidak laku, karena terkena debu. Sehingga sudah sebulan ini, kami merugi,” ungkap Bagus.

Bagus juga mengatakan bahwa pihaknya bersama puluhan warga akan tetap menahan truk milik PT SMJ dan PT Waskita, dan memblokir jalan hingga tuntutan warga dan pedagang dipenuhi oleh pengelola proyek jalan tol.

Menurutnya, warga minta agar sepanjang Jalan Raya Bojong, khususnya dari Desa Duwet hingga Desa Wangandowo, tidak lagi ada debu dan pihak pengelola tol setiap jam menyiram jalan dengan air secara rutin. “Kami menuntut adanya kompensasi ganti rugi dan adanya jaminan dari pengelola jalan tol agar Jalan Bojong tidak lagi berdebu,” kata Bagus.

Plt Camat Bojong, Abdul Quyum menyatakan bahwa pihaknya akan segera menyampaikan tuntutan warga ke pihak pengelola proyek jalan tol. Namun dengan catatan, warga tidak lagi melakukan pemblokiran jalan dan menahan truk pengangkut material tanah proyek jalan tol.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar