Paparkan Penelitian Sistem Ekonomi Ramah Lingkungan

Pengembangan riset dan pendidikan di Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang terus dilakukan. Salah satunya dilakukan Dekan Fakultas Teknik UM Magelang Yun Arifatul Fatimah PhD yang melakukan riset hingga ke Bologna Italia.

Di negeri pizza itu, Yun menginisiasi kerjasama internasional akademik dan riset dengan Engineering Faculty, Bologna University. Dia melakukan pertemuan dengan Profesor Emilio Ferrari dan Profesor Cristina Mora DIN dari Department of Industrial Engineering dan disepakati untuk melakukan kerjasama dalam bentuk joint research and publication, visiting professor, seminar dan konferensi bersama.

Selain itu, Yun juga berkesempatan untuk menghadiri 4th International Conference on Sustainable Design and Manufacturing yang diselenggarakan oleh Knowledge-Based Intelligent Information & Engineering Systems (KES) International bekerjasama dengan University Bologna. “Konferensi tersebut dihadiri oleh 154 delegasi dari 26 negara, dan saya merupakan satu-satunya delegasi dari Indonesia,” ungkap Yun.

Dalam konferensi itu Yun menyampaikan artikel hasil penelitiannya tentang pengembangan circular economy melalui 6R strategy (reduce, reuse, recondition, recycling, remanufacturing dan remodification) untuk mewujudkan manufaktur yang berkelanjutan di Indonesia. Yun menegaskan bahwa circular economy (ekonomi melingkar) merupakan solusi efektif dalam menangani masalah sampah dan polusi lingkungan di Indonesia.

Sistem ekonomi ramah lingkungan ini, ujar Yun, mampu untuk meningkatkan produktivitas industri, mengurangi ketergantungan terhadap sumber daya alam dan energi, serta mampu untuk menghasilkan zero waste dan polusi dan meningkatkan kondisi sosial masyarakat. Dalam konferensi tersebut, Yun beserta delegasi konferensi lainnya juga berkesempatan untuk melihat proses produksi mobil Lamborghini di pabrik Lamborghini Italia. (vie/ton)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar