Pemkab Siapkan E-Perizinan dan E-Chip

UNGARAN–Perbaikan pelayanan perizinan di Kabupaten Semarang terus dilakukan. Hal itu, untuk lebih menarik minat banyak investor.

Wakil Bupati Semarang, Ngesti Nugraha mengatakan jika usaha perbaikan tersebut salah satunya persiapan pelayanan elektronik E-Perizinan dan pemberian E-Chip (kartu chip). “Diperuntukkan bagi pelaku usaha yang hendak memperpanjang perizinannya,” ujar Ngesti, Rabu (10/5) kemarin.

Ia berharap, dengan peningkatan pelayanan tersebut diharapkan berdampak dengan semakin banyaknya minat investor untuk berinvestasi di Kabupaten Semarang. “Jika investor banyak, otomatis akan lebih banyak modal yang tertanam,” katanya.

Dikatakannya, pelayanan E-Perizinan bakalan memberikan kemudahan pelaku usaha mengurus sejumlah perizinan dasar. Mereka yang hendak mengajukan SIUP, TDP, IMB, HO tak perlu lagi datang ke kantor perizinan. Permohonan beserta persyaratan yang dibutuhkan cukup dikirim secara online menggunakan aplikasi yang tengah disiapkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PMPPTSP) Kabupaten Semarang Valeanto Sukendro mengatakan saat ini E-Perizinan dalam tahap simulasi. Dengan menggandeng Diskominfo sebagai penyedia jaringan dan sistem pendukungnya.

“Cukup ngetik di rumah, masuk ke tempat kita nanti kita proses. Termasuk persyaratan yang dibutuhkan tinggal difoto kemudian di-upload ke tempat kami. Kami minta ditunjukkan yang asli saat disurvei,” terangnya.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar