Sulap Halaman Sekolah Jadi Agrowisata

KENDAL—SMK 6 Kendal memiliki terobosan baru dengan membuat tempat agrowisata. Hasilnya cukup bagus. Terbukti, banyak warga dan sekolah-sekolah TK yang penasaran dan berwisata di sekolah tersebut.

Cukup unik, pihak sekolah sebenarnya hanya memanfaatkan lahan kosong untuk dijadikan lahan pertanian dan pembibitan pohon. Kini, nyaris tidak ada lahan kosong yang sia-sia di sekolah ini. Setiap sudut sekolah menjadi lahan bercocok tanam. Lahan kosong tersedia, hanya lapangan upacara sekolah.

Berbagai tanaman tampak tumbuh di halaman sekolah, mulai dari sayur-sayuran seperti terong, kacang panjang, sawi, kangkung, bayam, cabe, brokoli dan lainnya. Selain itu, berbagai jenis bibit pohon yang dikembangkan seperti jeruk, buah tin, kelengkeng, sirkaya, pepaya dan sebagainya. Tampak pula tanaman padi, jagung dan kedelai.

Selain bisa melihat berbagai jenis tanaman, pengunjung juga bisa mendapatkan pengalaman dan pengetahuan menarik. Yakni belajar cara membudidayakan dan bertani secara singkat jenis-jenis sayuran tertentu. Bahkan pengunjung bisa praktik langsung tentang cara bercocok tanam.

Kepala SMK 6 Kendal, Agus Basuki mengaku munculnya ide membuat agrowisata ini lantaran sekolahnya menjadi unggulan, dalam jurusan pertanian. Jadi halaman sekolah memang sudah lama dijadikan tempat praktik siswa, karena minimnya lahan yang dimiliki sekolah.

“Dari situlah, terpikir untuk menjadikan halaman sekolah sebagai tempat agrowisata. Jadi, pengunjung tidak hanya mengenal hasil pertanian, warga juga bisa melihat teknologi pertanian sederhana yang bisa dikembangkan di rumah,” kata Agus di sela membuka ekspo di sekolah setempat, kemarin (10/5).

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar