Tiga Hari Sekali Tanya ke Anak Sekolah

Aktivitas buang air besar sembarangan masih sering ditemukan, terutama di wilayah perdesaan. Masyarakat yang belum memiliki jamban seringkali buang air besar di sungai atau biasa dikenal dengan plung lap.

Camat Kaliwiro Sudaryanto punya cara unik untuk mengetuk kesadaran masyarakat akan pentingnya memiliki jamban sehat model septic tank. Caranya ternyata tidak sulit. Ia mengajak guru-guru SD untuk menanyakan ke siswa terkait kondisi jamban keluarga. Hal itu terus ditanyakan ke siswa dalam 3 hari sekali.

Baca Juga : Sanitasi Warga Bantaran Kurang Layak

"Anak ketika berulangkali ditanya oleh guru pasti ngadu ke orangtuanya. Dia akan tanya begini, 'kok jamban kita belum sehat sih Yah?'," katanya memperkirakan ucapan anak.

Tiga hari kemudian ketika ditanya lagi dengan pertanyaan sama oleh guru kelas, anak kembali mengadu, dan begitu seterusnya. Dengan upaya seperti itu, orang tua lambat laun akan sadar karena dorongan si anak. "Kalau anak yang minta, orang tua nggak bisa ngelak lagi. Pasti nurutin," ujarnya, Selasa (9/5).

Diakui, persoalan jamban sehat masih menjadi PR besar di Kabupaten Wonosobo. Menurutnya, jamban yang belum sesuai standar kesehatan merupakan soal cukup pelik di tengah masyarakat.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar