Seleksi Perades Tunggu Proses Harmonisasi

DEMAK- Penundaan tahapan seleksi perangkat desa (Perades) di Demak hingga kini masih membuat galau kalangan kepala desa (kades).

Mereka resah karena sampai sekarang tidak ada kejelasan kapan tahapan seleksi Perades tersebut dilanjutkan. Seperti diketahui, proses revisi perda masih belum selesai dan diprediksi membutuhkan waktu lama.

Saat ini, revisi perda masih menunggu harmonisasi dengan DPRD setempat. Untuk mensikapi masalah ini, kemarin, para kades yang tergabung dalam Paguyuban Demang Bintoro menghadirkan langsung para narasumber yang berkompeten di bidangnya.

Kegiatan yang dikemas dalam peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) bagi kades se Demak ini khusus menyoroti masalah regulasi peraturan perundang-undangan yang ada.

Hadir dalam kesempatan ini, Kasubdit Produk Hukum Kantor Kementerian Hukum dan HAM Jateng, Tri Junianto, Asisten 1 Setda Pemkab Demak AN Wahyudi, Kabag Pemerintahan Edi Suntoro, dan Kepala Kesbangpolinmas Taufik Rifai.

Tri Junianto dari Kemenkum dan HAM, menegaskan, ada dua hal yang dapat dilakukan oleh para kades, utamanya yang desanya hendak melakukan seleksi perangkat desa. Yaitu, mempercepat proses pengisian perangkat desa dengan cara mendorong proses harmonisasi dengan DPRD. Dengan demikian, perda yang baru dapat segera dilaksanakan atau diundangkan serta memastikan pasal peralihan ada agar proses pengisian dapat berjalan.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar