Komitmen Wujudkan Penyiaran Edukatif

Enar Ratriany Assa secara umur mungkin memang masih terlihat cukup muda. Tetapi ia memiliki tanggungjawab dan beban moral besar. Ia mendapatkan amanah untuk menduduki posisi sebagai Direktur Operasional Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Swara Kendal. Jabatan yang jelas tidak mudah, karena harus menjaga netralitas, independensi dan terus memberikan siaran yang edukatif untuk masyarakat Kendal khususnya.

“Tantangannya harus bisa menjalankan fungsi LPPL sebagaimana mestinya. Karena ini merupakan lembaga penyiaran publik, jadi harus bisa independen dan mewadahi kepentingan bersama,” katanya.

Artinya semua kepentingan dan keinginan masyarakat harus bisa terakomodir untuk bisa didengarkan oleh pemerintah daerah. Pun sebaliknya, apa yang menjadi program dan visi misi pemerintah daerah Kendal bisa langsung diketahui publik. LPPL harus benar-benar bisa menjadi jembatan antara masyarakat dan pemerintah. “Artinya sudah tidak dari dari satu sisi saja, antara pemerintah dan masyarakat sama-sama memiliki porsi yang sama,” ujarnya.

Alumnus Ilmu Pemerintahan Undip Semarang ini mengaku tidak mudah untuk mengelola sebuah lembaga penyiaran publik. Apalagi, LPPL merupakan radio yang dibentuk pemerintah dan masih mendapatkan alokasi anggaran. Selain itu, program yang disiarkan harus benar-benar mengedukasi, memberikan inspirasi dan bersifat menghibur. Tidak hanya itu, namun yang terberat adalah bagaimana mampu mengembalikan citra radio ditengah perkembangan era teknologi seperti sekarang ini.

“Kalau program tidak menarik dan biasa-biasa saja orang akan enggan mendengarkan radio. Makanya kami harus berinovasi agar semakin dicintai dan dekat dengan masyarakat,” tegasnya.

Sejumlah program unggulan terus digagas dan dijalankan agar Swara Kendal bisa menjadi LPPL terbaik di Jateng. Diantara program yang sudah dijalankan adalah Komunikasi Antar Camat se-Kendal (Kacamata Kendal); Dialog bersama Bupati Mirna Annisa (Dinamis); Swara Kendal Menyapa dengan siaran keliling ke semua daerah dan juga ke sekolah–sekolah di Kendal; Parlementaria dialog dengan Parlemen Kendal dan Siaran Pagi Minggu Manis yang live di lapangan.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar