Sulap Limbah Serutan Kayu Jadi Karya Bernilai Seni Tinggi

KI Hajar Dewantara merupakan pahlawan nasional sekaligus bapak pendidikan nasional Indonesia yang mempunyai semangat dan motivasi tinggi dalam merintis pendidikan umum di Indonesia. Semangat itulah yang mendorong Muhammad Rizal Mustofa untuk menghadirkan sosok Ki Hajar Dewantara di atas kanvas bermediakan serutan kayu.

Pria asal Jepara itu menjelaskan, melalui karyanya ini dia ingin memotivasi para pelajar agar lebih mengenal pahlawan terutama pahlawan pendidikan.

”Melalui lukisan ini saya ingin menularkan semangat beliau kepada generasi sekarang, supaya lebih semangat dan tekun belajar demi negara Indonesia yang lebih baik,” terangnya kepada Jawa Pos Radar Semarang, Selasa (2/5) kemarin.

Menurutnya, lukisan menggunakan media serutan kayu ini dirasa baru kali pertama kali. Dipilih serutan kayu, karena dirinya ingin memanfaatkan limbah serutan kayu di lingkungannya yang banyak.

Ya kalo medianya pake kayu sih udah ada, cuman kalo pake serutan kayu dengan teknik kolase saya rasa belum banyak yang bikin. Saya ingin mengolah limbah agar bernilai seni tinggi dan mempunyai nilai ekonomis tinggi juga, jadi nggak dibuang begitu saja,” imbuh pria yang tinggal Patemon, Gunungpati, Semarang itu.

Untuk mengaplikasikan serutan kayu di atas kanvas, Rizal hanya membutuhkan alat sederhana seperti lem kayu, tripleks, kanvas, pinset, pensil, dan juga penghapus.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar