Tunjukkan Wanita Bisa Berkarya

Menjadi pimpinan sebuah perusahaan ataupun sebuah instansi bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika perusahaan tersebut dipimpin oleh wanita. Secara langsung ataupun tidak, hasil pekerjaan atau kepemimpinan akan dicibir, bahkan dipandang sebelah mata. Namun anggapan tersebut coba ditepis oleh Lia Retno S Hardini, yang saat ini menjabat General Manager @HOM Hotel Semarang.

Wanita yang akrab disapa Lia ini mengatakan apa yang ia raih saat ini adalah buah dari kerja keras dan perjuangan yang ia lakukan sejak memulai karier di dunia perhotelan. Lia memulai semuanya dari bawah yakni sebagai waiters ketika dirinya masih menimba ilmu di Universitas Dian Nuswantoro.

"Basic pendidikan saya adalah sistem informasi. Namun saat kuliah saya saya sudah nyambi kerja di Hotel Ciputra Semarang sebagai waiters pada tahun 2005. Sebelum bekerja sebagai waiters, juga sempat nyambi di sebagai sales promotion girls (SPG)," kata wanita kelahiran Semarang, 5 September 1982 ini.

Saat itu Lia mengaku senang bisa bertemu dengan orang yang berbeda setiap hari. Sehingga secara langsung ia mendapatkan pengalaman baru. Bahkan saat terjun di dunia perhotelan ia mengaku belum memiliki basic. " Dulu nggak punya skill sama sekali. Tapi saat terjun ke dunia kerja saya punya kesempatan untuk belajar. Hingga lulus kuliah pada 2007 saya kembali masuk ke Ciputra, sebagai waiters namun kemudian naik menjadi staf," bebernya.

Saat bekerja di hotel yang terletak di Kawasan Simpang Lima itulah, Lia bertemu dengan istri seorang pengusaha asal Korea Selatan yang bergerak di bidang garmen. Singkat cerita ia ditawari menjadi Sekretaris Presiden Direktur dan kesempatan tersebut tidak ia sia-siakan.

"Kira-kira selama tiga tahun saya bekerja di garmen. Namun saya memutuskan keluar karena sama sekali tidak ada tantangan. Saya rindu bekerja di hotel hingga akhirnya join ke Horison," jelasnya.
Menurutnya passion pekerjaannya memang di dunia perhotelan, bukan di bidang lainnya. Namun ketika di Horison, ia tetap menjadi sekretaris yang menurutnya tidak memiliki tantangan. "Saya kemudian belajar menjadi sales, total selama 1,5 tahun. Hingga menikah dan keluar hotel sampai masuk ke hotel lagi sebagai sales executive di Grand Candi Hotel," kenangnya.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar