Belajar Menari, Tak Harus Berbakat

ANIMO masyarakat pada tari tradisional, sebenarnya saat ini sudah semakin meningkat. Bahkan, secara perlahan semakin bertambah. "Peminatnya cenderung naik. Meski awalnya diwajibkan, namun akhir-akhir ini minat tersebut tumbuh dari keinginan masing-masing untuk benar-benar belajar dan mendalami tari tradisional," kata Dyah Pregiwati, putri dari Wiyono pemilik Sanggar Tari Puspo Budoyo yang beralamat di Jalan Kumudasmoro Utara Nomor 36A, Bongsari, Semarang Barat ini.

Ia mencontohkan, anak-anak sekolah yang berusaha berlatih tari untuk memenuhi tugas pelajaran seni tari di sekolahnya, semula berlatih dengan terpaksa, karena belum pernah mengenal tari. Tapi seiring berjalannya waktu, mereka justru menikmati dan mulai memahami betapa indah dan berharganya karya tari tradisional.

"Memang tidak semuanya merasa benar-benar tertarik. Paling tidak, kita sebagai guru dan pelatih telah berupaya menanamkan cinta mereka terhadap tari tradisional," ujarnya.

Pelatih dan guru pun, imbuhnya, dituntut memutar otak memunculkan inovasi seperti salah satunya dengan memberikan tugas untuk tampil menari. Dengan cara itu, anak didik mau tidak mau akan mencari pelatih bahkan masuk sanggar untuk bisa belajar menari. Hal ini sangat menguntungkan dan membantu sanggar tari dan para pelatih tari untuk mendapatkan anak didik.

Selain itu, berbagai tawaran untuk mementaskan anak didik juga sangat ampuh membuat mereka mantap dan bersemangat masuk sanggar tari. Ia bersyukur dengan adanya perayaan Hari Tari Dunia baru-baru ini dan dukungan program dari pemerintah maupun instansi terkait dengan pentas tari tradisional, mampu menghidupkan sanggar tari di Kota Semarang.

Dyah menuturkan, anak-anak cenderung tertarik masuk sanggar tari, karena sebelumnya datang untuk menyewa busana tari. Kemudian merasa tertarik, puas dan nyaman dengan pelayanan sanggar, sehingga mereka jadi tertarik latihan. Dari situlah Dyah menyadari bahwa persewaan busana bisa sebagai alat promosi ampuh untuk menarik anak didik.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar