Nur Farkhati Himatul Izza, PRT yang Raih Gelar Sarjana

Hanya berbekal nekat dan keyakinan, Izza bertemu dengan salah seorang pemilik rumah makan di Kota Semarang. Kemudian ia diterima kerja di sana. ”Saat kerja di rumah makan itu, saya belum kuliah. Uang hasil bekerja, saya tabung,” katanya.

Kurang lebih satu tahun bekerja, ternyata rumah makan tersebut harus tutup karena suatu sebab. Beruntung, pemilik rumah makan itu tahu bila Izza merupakan seorang yang tekun dan memiliki semangat belajar tinggi.

”Saya lalu diajak bekerja di rumah Bu Martini (Sri Martini, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Semarang, Red). Saya bekerja sebagai pembantu rumah tangga. Tugas saya mengasuh cucu Bu Martini,” ujarnya.

Nah, saat bekerja menjadi PRT di rumah Sri Martini itu, ia menyampaikan keinginannya kepada sang majikan untuk melanjutkan kuliah. Rupanya Sri Martini meresponsnya dengan baik. Ia tak melarang rewang-nya itu bekerja sambil kuliah. Apalagi Izza dikenal sebagai gadis yang tekun dan pintar. ”Saya diizinkan kuliah sama Bu Martini. Biayanya dari hasil saya kerja dan dibantu sama Bu Martini,” kenangnya.

Saat itu, Izza diterima sebagai mahasiswi Fakultas Ilmu Politik Universitas Wahid Hasyim Semarang. Sejak saat itu, ia harus membagi waktu bekerja dan kuliah. ”Bu Martini mendukung, saya kuliah berangkat pagi, sore bekerja di rumah. Malamnya bisa sambil belajar,” katanya.

Bekerja apa pun selama halal, Izza tidak akan malu. Hal yang Izza yakini sampai kapan pun bahwa persoalan sesulit apa pun jika dihadapi sungguh-sungguh dan hati ikhlas, Tuhan akan memberikan jalan.

”Sama sekali saya tidak malu. Kenapa mesti malu, selama itu halal. Namanya rezeki sudah ada yang mengatur. Setiap kesulitan pasti ada jalan keluar, ada yang bantu,” ujar perempuan yang memiliki hobi membaca novel sastra ini.
Izza mengaku tak mau berhenti belajar. Ia hanya ingin dan bercita-cita menjadi orang yang bermanfaat bagi orang-orang di sekitarnya. Setidaknya bermanfaat bagi kedua orang tua dan bisa membantu adik-adiknya agar jangan sampai putus sekolah.

1
2
3

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar