PKK Lebakbarang Juarai Cipta Menu B2SA

KAJEN–Tim Penggerak Pembina Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Kecamatan Lebakbarang, mengulang sukses juara umum dalam lomba cipta menu 2016 lalu. Kini kembali juara dalam Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Pekalongan, Kamis (20/4) kemarin.

Dengan menyajikan Rungpah Pedas, Peyek Mokis, Napi Cangjogung, Lumpia Balut Bayam, Bor Lumba Camur, dan minuman Poknas mada, Tim Penggerak PKK Kecamatan Kecamatan Lebakbarang berhasil menyisihkan 18 finalis lainnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Lebakbarang, Ibu Alif Nurfianto, menjelaskan bahwa bahan baku yang disajikan ada di sekitar lingkungan rumah tangga dengan biaya yang murah dan mudah membuatnya. “Kami menciptakan menu dengan bahan yang ada di sekitar rumah, berbiaya murah, bergizi, mudah membuatnya serta rasanya sangat enak. Apa yang kita buat ini, biasa disajikan dalam rumah tangga,” jelas Ibu Alif.

Salah seorang juri lomba, Chef Supriyanus menjelaskan bahwa menu yang disajikan oleh Tim Penggerak PKK Kecamatan Kecamatan Lebakbarang, selain memiliki rasa yang enak, tampilan penyajiannya juga menarik.

Menurutnya, yang membedakannya dengan peserta lainnya, Tim PKK Kecamatan Lebakbarang berani melakukan terobosan dengan mengombinasikan beberapa bahan makanan yang tidak biasa dilakukan, namun tetap memiliki rasa yang enak. “Menu yang ditampilkan memang harus bergizi dengan 4 sehat 5 sempurna, biaya yang dikeluarkan sangat murah, di bawah biaya yang ditetapkan dewan juri,” jelas Chef Supriyanus.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pekalongan, Hj Munafah Asip Kholbihi menegaskan bahwa Pemkab Pekalongan mendukung percepatan dan penganekaragaman konsumsi pangan. Di antaranya dengan mengembangkan pangan pokok berbahan baku lokal dengan sumber karbohidrat dari jagung dan umbi-umbian melalui Lomba Cipta Menu B2SA.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar