Cara Unik AKP Marino Memberantas Penambangan Liar

Menjadi penegak hukum di wilayah Kecamatan Kertek harus siap bekerja ekstra keras. Wilayah ini dikenal sebagai tempat yang banyak dengan aktivitas penambangan liar galian C. Meski beberapa kali memakan korban jiwa akibat longsor, aktivitas yang merusak lingkungan tersebut masih terjadi.

Kapolsek Kertek AKP Marino harus menjalani kondisi tersebut. Ia harus kerja keras untuk menghentikan aktivitas penambangan liar. Berbagai cara dilakukan, mulai dari sosialisasi yang sangat humanis, hingga penindakan tegas bagi penambang kategori besar, dalam bentuk penyitaan alat (backhoe).

Setahun bertugas sebagai kapolsek, ia telah berhasil memberantas penambangan liar dengan backhoe di area Kertek. Tentu tidak bergerak sendiri. Ia mengaku menggandeng banyak pihak untuk menertibkan penambangan yang sangat merusak alam itu. "Sekitar belasan backhoe yang sudah kita sita, tidak ada toleransi ke penambang besar," ucapnya.

Kendati penambangan memakai alat berat tak lagi terlihat, penambang kecil belum semuanya berhenti dari aktivitasnya menambang. Khusus yang k dua ini, ia memilih melakukan pendekatan dari hati ke hati dengan masyarakat. Sembari menunggu ada solusi yang ditawarkan lintas sektor.

"Bagaimana lagi, kalau hanya berbicara penegakan hukum rasanya tidak manusiawi. Ia bekerja untuk makan. Harus ada solusi sebelum dia diminta berhenti total," katanya.

Guna menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya menjaga lingkungan. Ia mempunyai agenda safari jumat di masjid desa sekitar penambangan. Usai salat jumat ia mengajak pemuda maupun tokoh masyarakat berdiskusi. Yang dibincangkan seputar dampak buruk aktivitas penambangan.

1
2
3

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar