Banjir dan Longsor Landa Leyangan

UNGARAN – Banjir dan tanah longsor melanda wilayah Leyangan, Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Senin (20/3) siang. Longsor menimpa bagian belakang rumah milik Azis, 41, warga Perumahan Bukit Leyangan Baru RT 05 RW 05 Ungaran Timur. Bahkan bangunan rumah Azis jebol diterjang material longsor.

”Longsoran material itu berasal dari tebing pegembangan perumahan baru di atas sana,” kata Azis sambil menunjuk ke tebing yang longsor.

Kejadian tersebut berawal saat hujan deras mengguyur wilayah Ungaran sejak pukul 13.00. Karena tidak mampu menahan tingginya debit air hujan, tebing yang berada di bagian belakang rumah Azis ambrol hingga menimpa seluruh bagian dapur.

Dikatakan Azis, usai kejadian pihak pengembang langsung melihat lokasi ambrolnya tebing tersebut. ”Katanya besok akan dibersihkan, lalu dibangun talut penguat. Dinding dapur rumah saya yang rusak juga dijanjikan akan diperbaiki,” tuturnya.

Akibat longsor tersebut, lantai rumahnya dipenuhi lumpur. Beberapa perabotan rumah terpaksa diungsikan di tempat yang lebih aman. Selain itu, ia bersama keluarganya memutuskan untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman. ”Seluruh perabotan juga dipindahkan ke rumah tetangga. Takutnya ada longsor susulan,” katanya.

Dijelaskan Azis, longsor sebelumnya juga menimpa rumahnya pada Januari 2015 silam. ”Saat itu, ada tiga rumah yang terkena longsoran. Yakni, rumah saya, Agung Pribadi, 56, dan satu rumah yang belum dihuni,” tuturnya.

1
2
3

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar